SMART CITY: ACER Siapkan Solusi IoT, BSN Siapkan SNI

SMART CITY: ACER Siapkan Solusi IoT, BSN Siapkan SNI

img
istimewa

Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru saja menandatangani  Izin Kelas Penggunaan Frekuensi untuk Internet of Things (IoT) yang tertuang dalam Peraturan Menteri.  Hal tersebut sontak mengundang pemain IoT untuk mengisi pasar IoT di Indonesia.

Salah satu buktinya ialah kedatangan TAIWAN EXCELLENCE yang ketiga kalinya di Konferensi Asia IoT Business Platform (AIBP) yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 28-29 Agustus 2019.  Pada kesempatan kali ini, TAIWAN EXCELLENCE memperkenalkan industri IOT Taiwan seperti ACER, ADVANTECH, ICP DAS, LIPS dan LIVA.

ACER yang brand nya sudah mengemuka di pasar Indonesia lewat produk laptop nya, memperkenalkan solusi Smart Water, Smart Power dan Smart Lighting dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) yang menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integritas jaringan untuk memberikan informasi secara real time.

Seluruh solusi yang diperkenalkan, menunjukkan kesiapan Acer dalam membantu perusahaan dan pemerintah memujudkan Smart City pada 2020 dengan melakukan transformasi digital, sekaligus mempersiapkan pelaku bisnis mengimplementasikan industry 4.0. Solusi tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, membuat kota semakin efektif dan efisien serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

“Kolaborasi antara swasta, pemerintah dan penyedia solusi, merupakan tiga hal penting dalam komponen Smart City, dan kami di Acer sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk bersama-sama membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city", terang Raymond Ang, Solution Architect ACER di Konferensi Asia IoT Business Platform (AIBP) di Jakarta tersebut.

Sementara itu, terkait Smart City, pemerintah melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) tengah melakukan pengembangan dan penerapan standar terkait Smart City. Standar Nasional Indonesia (SNI) Smart City berperan untuk memberikan panduan mengenai pengelolaan cerdas sebuah kota dengan memanfaatkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

BSN sendiri saat ini sudah menetapkan SNI ISO 37120:2018, Kota dan Masyarakat Berkelanjutan - - Indikator untuk Layanan Kota dan Kualitas Hidup. Dalam dokumen standar tersebut, SNI ISO 37120:2018 menjadi dasar dari pelaksanaan Smart City, maka apabila suatu daerah ingin mengklaim bahwa daerah tersebut termasuk dalam kategori Smart City, maka daerah tersebut harus memenuhi SNI itu terlebih dulu.

 

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments