Tingkatkan Pendapatan, Gojek Beri Pelatihan kepada Istri Pengemudi

Tingkatkan Pendapatan, Gojek Beri Pelatihan kepada Istri Pengemudi

img
Istri Mitra pengemudi diberi pelatihan oleh Gojek. (Foto: Istimewa)

Gojek terus berupaya mendukung para mitra driver dan keluarga lewat berbagai cara, untuk meningkatkan pendapatan. Salah satu inisiatif yang dikembangkan adalah melalui program pelatihan Gojek Swadaya bertajuk “Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya” yang dikhususkan bagi keluarga mitra pengemudi GoRide dan GoCar.

Gede Manggala, VP Region Ops & Jabodetabek Gojek mengatakan pelatihan Gojek Swadaya tersebut merupakan bagian dari upaya Gojek membantu keluarga mitra supaya bisa meningkatkan pendapatannya. “Sejauh ini, sudah lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp 1-4 juta  tiap bulannya. Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omset hingga Rp. 20 juta  perbulan setelah mengikuti pelatihan ini.”

Gojek Swadaya sendiri, lanjut Gede, merupakan program untuk  meningkatkan kapabilitas, kompetensi  serta potensi peningkatan pendapatan  mitra driver dan keluarganya. Dengan mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, para expert serta kelebihan fitur dalam ekosistem Gojek, kami harap semakin banyak mitra driver dan keluarga yang merasakan manfaat dari program  pelatihan Gojek Swadaya ini.

Beragam jenis keterampilan dapat diikuti oleh keluarga mitra dalam program pelatihan Gojek Swadaya ini mulai dari kelas memasak, kelas memotret makanan agar terlihat menarik, hingga kelas pemasaran yang dikombinasikan dengan metode pelatihan Gojek Wirausaha untuk para istri mitra driver. Tak sampai disitu, tersedia juga kelas bahasa Inggris khusus untuk anak-anak mitra driver.

Dengan dibekali berbagai keahlian tersebut, mereka kemudian dapat bergabung ke dalam ekosistem Gojek dengan menjadi merchant GoFood, GoPay ataupun GoSend sehingga  mereka dapat mengembangkan bisnis  lebih jauh lagi. "Tidak berhenti di situ, Gojek juga  melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha,” tambah Gede.

Lela Susana, istri mitra driver setelah mengikuti pelatihan di Bandung pada Oktober 2019 lalu, kini membuka usaha sendiri dengan keuntungan mencapai Rp3 juta setiap bulannya.  “Dari ilmu yang saya dapat, saya coba buka usaha Aci Cilokba dan berhasil memberikan keuntungan hingga Rp3 juta tiap bulannya," terangnya.

Dia bersyukur sekarang bisa bantu suami dan ekonomi keluarga jadi lebih baik. "Saya sangat berterima kasih kepada Gojek yang telah memberikan kami kesempatan untuk berlatih memasak dan menjadi merchant GoFood. Semoga makin banyak istri driver Gojek lain yang terinspirasi dan bisa mulai usaha seperti saya,” terang Lela.

Dengan mengikutsertakan usaha kuliner para istri mitra dalam ekosistem GoFood, teknologi Gojek mampu membantu para merchant untuk mengembangkan skala bisnisnya. Perkembangan positif ini terlihat dari rata-rata merchant GoFood UMKM mengalami peningkatan omzet hingga 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung.

Sejauh ini, pelatihan Gojek Swadaya telah diadakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Palembang, Surabaya, Serang dan kini Jabodetabek. Gojek Swadaya merupakan inisiatif khusus mitra driver yang punya berbagai program tepat sasaran, menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan agar mitra driver dan keluarganya bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya. Saat ini lebih dari satu juta mitra telah menerima manfaat program-program Gojek Swadaya, termasuk mitra driver dan keluarganya di 66 kota di seluruh Indonesia.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments