BSN Ajak Masyarakat Nikmati Kopi Ber-SNI

BSN Ajak Masyarakat Nikmati Kopi Ber-SNI

img
Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai kopi

Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen kopi dunia. Kopi Gayo, Toraja, Kintamani, hingga Bajawa adalah beberapa jenis kopi asli Indonesia yang telah terkenal dimana-mana. Untuk mampu bersaing di pasar global, kualitas tentu menjadi yang utama. Berdasarkan data dari BPS, nilai ekspor kopi Indonesia pada tahun 2018 sebesar US$806.878.600.

Untuk meningkatkan daya saing produk kopi Indonesia di pasar Internasional, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) mengenai kopi diantaranya SNI 01-3542-2004 Kopi bubuk; SNI 2907:2008 Biji Kopi; SNI 7708:2011 Kopi gula krimer dalam kemasan; SNI 2983:2014 Kopi Instan; SNI 4314:2018 Minuman kopi dalam kemasan; serta SNI 8773:2019 Kopi Premiks. 

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Zakiyah saat ditemui di Jakarta, Rabu (4/3/2020), mengatakan, dengan menerapkan SNI, kopi Indonesia akan terjamin kualitasnya, sehingga mampu bersaing di pasar internasional. 

Oleh karenanya, promosi  kopi ber-SNI produk Indonesia perlu digencarkan, salah satunya BSN akan menyelenggarakan kegiatan Festival Kopi Ber-SNI pada Minggu, 8 Maret 2020 bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Car Free Day, Jakarta pukul 06.00 – 10.00 WIB, bertempat di Thamrin 10, Jl. M.H. Thamrin, No.10, Menteng, Jakarta Pusat. 

Acara yang merupakan kerjasama antara BSN dengan Kementerian Pertanian serta Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) ini akan dimeriahkan dengan kegiatan Sruput Kopi SNI, berupa minum bareng 2000 cup kopi SNI sekaligus kegiatan edukasi masyarakat terkait syarat mutu dalam SNI terkait kopi. Selain itu, acara juga akan dimeriahkan oleh kegiatan demo barista dan panggung hiburan.

Acara Festival Kopi Ber-SNI ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, petani kopi, serta pegiat industri kopi karena mereka akan memperoleh informasi lengkap mengenai SNI kopi serta penerapannya. Lebih jauh, acara ini bisa mendorong peningkatan produk kopi yang bermutu yang akhirnya produk kopi be-SNI akan mendunia dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

Festival Kopi Ber-SNI diselenggarakan sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kopi Nasional yang jatuh setiap tanggal 11 Maret. Pada Rabu, 11 Maret 2020 juga akan diselenggarakan acara Peringatan Hari Kopi Nasional di Auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, yang akan dimeriahkan dengan kegiatan talkshow,  live report ngopi bareng di beberapa daerah di Indonesia, pameran, produk kopi ber-SNI, business matching kopi, pameran peralatan pengolahan kopi, serta knowledge sharing tentang industri per-kopi-an nasional.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments