Wisata Alam Dibuka Bertahap, Ulasan Berikut Bisa Menjadi Referensi Pilihan

Wisata Alam Dibuka Bertahap, Ulasan Berikut Bisa Menjadi Referensi Pilihan

img
Curug Cilember Bogor

Berdasarkan rekomendasi Satgas Covid 19, pariwisata alam dapat dijadikan pilihan utama masyarakat yang ingin berlibur. Pariwisata alam dinilai sebagai tempat wisata dengan resiko penularan yang paling rendah. Namun kemudian selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, yang juga perlu diperhatikan oleh pengunjung adalah bagaimana pengelola memenuhi persyaratan dari sisi perlindungan dan keamanan pengunjung. Seperti apa itu?

Memberikan layanan yang aman, nyaman serta memuaskan dan tetap menjamin kelestarian lingkungan tentu menjadi hal yang utama bagi pengelola pariwisata alam.  Hal tersebut dapat dilakukan oleh pengelola lewat acuan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait Pengelolaan Pariwisata Alam yaitu SNI 8013:2014.

Melalui penerapan SNI 8013:2014 Pengelolaan Pariwisata Alam, pengelolaan pariwisata alam akan menjadi lebih mengedepankan prinsip sustainability atau kesinambungan serta manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar. “Jadi alam tidak dirusak, masyarakat bisa menikmati, tetapi mereka (pengunjung) juga aman di dalam melakukan kegiatan pariwisatanya,” terang Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Wisata Curug Cilember, Puncak, Bogor pada jumat (18/9/2020).

Kukuh menerangkan jika saat ini sudah ada beberapa tempat wisata yang telah menerapkan SNI pariwisata. Beberapa diantaranya adalah di Kawasan Wisata Curug Cilember Bogor, Kawasan Wisata Ciwidey Bandung, Kawasan Wisata Cikole Bandung dan Taman Nasional Wisata Way Kambas.

Sementara itu, Cluster Manager Curug Cilember, Rully Priana menyampaikan bahwa saat ini Curug Cilember telah berhasil menerapkan SNI ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu. Curug Cilember sendiri saat ini tengah menjadi pusat konservasi kupu-kupu endemik yang dilindungi (konservasi) dan memiliki objek daya tarik berupa curug (air terjun). (IBN)

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments