DIREKTUR UTAMA PT. TOP TEKNO INDO (HEJOTEKNO), BETHA KURNIAWAN, S.Si: Perjuangan Ciptakan Produk yang diterima Masyarakat Indonesia

DIREKTUR UTAMA PT. TOP TEKNO INDO (HEJOTEKNO), BETHA KURNIAWAN, S.Si: Perjuangan Ciptakan Produk yang diterima Masyarakat Indonesia

img
DIREKTUR UTAMA PT. TOP TEKNO INDO (HEJOTEKNO), BETHA KURNIAWAN, S.SI

Bermula dari kemirisan terhadap lingkungan, muncullah sebuah inovasi mesin pengolah sampah dengan merk STUNGTA. Mesin ini kemudian meraih SNI dan diklaim sebagai produk Incinerator perdana di Indonesia yang sudah ber-SNI.

PT. TOP TEKNO INDO (Hejotekno)  yang beralamat di BIZPARK Hegar Kav. No. 4 Jl. Terusan H. Alpi No. 103, Cibuntu, Bandung Kulon Jawa Barat itu adalah perusahaan yang berhasil melakukan inovasi dan memproduksi produk tersebut.

Dibalik keberhasilan produk inovasi yang ber-SNI itu, terdapat sosok perintis perusahaan yang saat ini menjadi Direktur Utama Hejokteno, Betha Kurniawan. Apa yang ada dalam pemikirannya hingga berinovasi menghasilkan produk pengolah sampah dan limbah dan bagaimana kunci suksesnya dalam menjalani hidup dan karir? Simak penjelasannya berikut ini.

1. MOHON DAPAT DICERITAKAN PERJALANAN KARIR BAPAK HINGGA SUKSES SAMPAI SAAT INI?

Ini adalah bisnis ke-11 sepanjang perjalanan karir saya yang sudah saya lakukan sebelum Hejotekno. Naik turunnya hidup dan naik turunnya karir dimulai dengan perjalanan bisnis di awal setelah kuliah saya langsung berbisnis.

Lalu ilmunya saya dapatkan dalam dunia bisnis, ketika saya mengalami bangkrut dalam bisnis saya, lalu mulailah saya bekerja di perusahaan multinasional.

Lalu mendapatkan pengalaman-pengalaman manajerial yang baik dari standar internasional dan setelah merasa cukup ilmu saya mulai terjun kembali ke dunia bisnis dengan melakukan 5-6 bisnis sebelum akhirnya di Hejotekno.

Sehingga akhirnya pengalaman di dunia usaha sebelumnya menjadi pengalaman yang bagus dan Hejotekno adalah titik dimana saya dan teman-teman bisa mengelola secara maksimal karena Hejotekno adalah punya kita sendiri dan kita dapat memaksimalkan apa yang kita mau dengan idealisme kita sendiri.

Harapannya idealisme itu bisa menjadi semangat para karyawan di dalamnya dan merasa ingin menjadi milik bersama untuk membesarkan Hejotekno bersama. Itulah yang membuat Hejotekno sampai hari ini bisa melalui banyak fase walaupun dalam pandemi yang cukup berat ini tetapi bisnis kami tetap bergulir.

2. APA HAL YANG PALING BERKESAN DALAM MENITI PERJALANAN KARIR TERSEBUT?

Selama menjalani karir yang paling berkesan adalah saya sudah mencoba berbagai bisnis di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga saya mendapatkan banyak experience bagaimana caranya memperlakukan pola bisnis yang multikultural dan multinasional juga dalam sifat yang majemuk digabungkan dalam satu sistem sehingga pengalaman-pengalaman ke belakang membuat menjadi lebih bisa lebih matang.

Dihari ini ada pengalaman yang paling berkesan bagi saya dan team yaitu pada saat memulai usaha ini, karena Hejotekno dimulai dengan keadaan yang from zero to hero walaupun sampai saat ini saya belum merasa menjadi hero tetapi kami tetap mencoba untuk menjadi hero untuk Indonesia.

From zero yaitu dimana kami memulai dengan bergadang sampai dengan 3 hari dan 72 jam tanpa tidur, tapi Alhamdulillah tiga hari perjuangan tersebut kami “menelurkan” produk yang yang akhirnya diterima oleh masyarakat Indonesia itu adalah sesuatu hal yang paling berkesan.

3. BAGAIMANA PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN SAAT ITU HINGGA MEMUTUSKAN UNTUK BERKONSENTRASI MENGEMBANGKAN USAHA DI BIDANG INSENIRATOR?

Mengambil keputusan kenapa pada akhirnya kami di bisnis ini adalah kami berbicara tentang masalah lingkungan yang sudah sangat darurat.

Bahkan Presiden mengatakan bahwa Indonesia darurat sampah dimana Sudah 79 tahun kita merdeka tetapi kita masih dijajah oleh sampah.

Saya pribadi tidak ingin meninggalkan lingkungan yang buruk untuk anak cucu kita nanti, sehingga saya memutuskan dengan teman-teman untuk berkonsentrasi mencari solusi untuk bangsa dan pada saat itu kita mengambil keputusan untuk menciptakan Incinerator.

4. BAGAIMANA BAPAK MENGELOLA SUMBER DAYA PERUSAHAAN (ASSET, KEUANGAN, SDM, DAN SEBAGAINYA) MENJADI OUTPUT YANG BERNILAI BAGI PERUSAHAAN?

Mengelola sumber daya di dalam perusahaan tentunya tidak bisa serta-merta sendirian maka di dalam perusahaan kami membuat struktur, ada bagian keuangan, bagian operasional, bagian teknik atau produksi, juga ada bagian marketing. Seluruh stakeholder perusahaan ini kami buat kompak dan dibuat enjoy sehingga kami bekerja dengan hati, bekerja untuk mengejar manfaat bagi masyarakat.

5. BAGAIMANA UPAYA BAPAK MEMBERIKAN SEMANGAT PADA KARYAWAN UNTUK BEKERJA DENGAN MENGUTAMAKAN KUALITAS PRODUK DAN LAYANAN PRIMA BAGI PELANGGAN?

Pola saya memberikan semangat pada karyawan terkait dengan quality dan kepuasan pelanggan adalah dengan memulai dari diri sendiri, dengan memberikan contoh dan juga memberikan semangat sesuai dengan tujuan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang dapat bermanfaat untuk orang lain.

Sehingga kami terus gaungkan agar kami bisa menjadi manusia bermanfaat untuk Indonesia khususnya, kami ingin menjadi manfaat untuk banyak orang dan juga untuk bangsa kami.

Dalam mempertahankan niat itu membuat kami terus mengutamakan quality, mengutamakan kepuasan, terus mengutamakan solusi dan yang melandasi itu adalah sistem dan sistem yang kami gunakan adalah ISO dan SNI.

Sehingga dari semangat untuk ikhtiar dengan proses standarisasi kerjanya juga dengan marketnya dengan melibatkan sistem dimana didalamnya ada ISO dan SNI untuk pelayanan pelanggan.

Karena kami diawali dengan sistem tersebut sehingga ada parameter bagaimana pola agar pelanggan puas atau pelanggan tidak puasa itu akan ada parameternya di dalam produk, sehingga di dalam sistem kami menerapkan after sales sistem untuk membuat pelanggan puas dengan pola servis dan juga melihat apa yang menjadi kendala agar tidak diulangi lagi dikemudian hari.

6. APA TANTANGANNYA DALAM MENGELOLA PERUSAHAAN? BAGAIMANA STRATEGI BAPAK MENGHADAPI TANTANGAN TERSEBUT?

Banyaknya figure membuat saya harus dapat mensinkronkan semua stakeholder di dalam perusahaan. Agar dapat selalu menjadi dalam satu visi dan misi yang sama adalah sebuah tantangan dan tantangan tersebut berimbas terhadap efek manajemen dan berimbas terhadap efek finansial.

Tantangan tersebut hari demi hari kami terus lalui dan pasti akan selalu ada tantangan-tantangan baru berikutnya, tetapi kami sepakat dalam manajemen di Hejotekno bahwa masalah itu bukan masalah melainkan adalah tantangan atau challenge.

Sehingga dalam menghadapi masalah kami bisa melewatinya dengan merubah strateginya dengan pola merubah bahasa masalah menjadi tantangan dan terus melewati tantangan tersebut sehingga kami bisa berhasil melewatinya satu demi satu dengan pola manajemen yang baik dengan pendekatan chemistry manajemen dan direksi sehingga apa yang kita suarakan akan sama dengan suara seluruh karyawan agar selalu bisa mempertahankan effort untuk selalu menjaga visi dan misi yang sama.

7. BAGAIMANA BAPAK MENGELOLA WAKTU BAPAK ANTARA KEGIATAN PERUSAHAAN DAN WAKTU PRIBADI?

Waktu menjadi hal yang sangat sulit untuk saat ini karena kami masih dalam tahap start Up, masih banyak yang harus disetting, berbeda pada saat saya bekerja di perusahaan lain yang membuat saya mempunyai lebih banyak waktu untuk keluarga.

Tetapi untuk saat ini di range umur yang produktif ini kami sedang memaksimalkan waktu yang diberikan Tuhan, sehingga apa yang hari ini saya korbankan adalah waktu yang lebih sedikit untuk pribadi dan untuk keluarga. Saya menargetkan sampai dengan 5- 10 tahun ke depan, setelah itu kami akan mempunyai waktu yang lebih luang untuk pribadi disaat kami sudah bisa memberikan banyak manfaat untuk semua orang dan tinggal menikmati apa yang sudah kami tularkan manfaatnya kepada semua orang.

Tujuan kami adalah untuk meninggalkan manfaat sehingga menjadi jariyah, dan manfaat itu akan terus bergulir bagi kami para inisiasi atau inisiatornya dan Itulah yang membuat kami terus bersemangat untuk memberikan kemanfaatan bagi banyak orang dan kami ingin terus memperluas kemanfaatan bagi banyak orang sehingga apa yang kami keluarkan bisa menjadi manfaat bagi banyak orang dan efek baliknya untuk kami adalah mendapatkan Jariyah dari amalan tersebut.

Jika kami memberikan hal yang baik maka efek baik akan kembali kepada kami baik secara rezeki kesehatan maupun kebaikan-kebaikan lainnya, amin. (DNW)

 

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments