Layanan Izin Investasi dalam 3 Jam

Layanan Izin Investasi dalam 3 Jam

img
Kepala BKPM Franky Sibarani

Investasi adalah modal Indonesia untuk menggaet aliran uang masuk ke dalam negeri ini dan mendorong roda perekonomian. Tak heran, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla gencar mengupayakan investasi bertambah di negeri ini agar ekonomi nasional bisa berputar.

Apalagi, kenyataannya sektor investasi Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara tetangga. Terutama dalam hal proses perizinan. Butuh berhari-hari bahkan berbulan-bulan bagi investor untuk meminta izin menanamkan uangnya di Indonesia.

Gerah dengan hal ini, pemerintah membuat gebrakan. Sebagai bukti kesungguhan, melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pemerintah meluncurkan layanan izin investasi 3 jam yang berlokasi di Kantor BKPM.

Peluncuran layanan tersebut secara simbolis dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Senin (11/1/2016).

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengatakan, keberadaan pelayanan izin investasi 3 jam akan memangkas proses perizinan yang selama ini membutuhkan waktu kurang lebih 23 hari menjadi hanya 3 jam. Hal ini merupakan komitmen pemerintah dalam mengintegrasikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat demi memberikan pelayanan prima kepada investor sekaligus  merupakan implementasi paket kebijakan ekonomi jilid II sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini adalah wujud terobosan ‎Presiden Jokowi untuk menarik minat investor melalui percepatan izin investasi ini. Pemerintahan Jokowi sudah meluncurkan sistem investasi online, lalu PTSP Pusat dan dirilis produk baru layanan cepat investasi 3 jam," terang Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Lestari Indah‎.

Adapun investor yang dapat dilayani dalam layanan investasi 3 jam tersebut adalah untuk proyek dengan nilai investasi paling sedikit Rp 100 miliar dan atau proyek yang mampu menyerap tenaga kerja Indonesia paling sedikit 1.000 orang.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengaku sejak diujicoba (soft launching) pada 1 Desember 2015 lalu, telah ada 7 investor yang memanfaatkan layanan izin investor 3 jam ini, dengan nilai investasi Rp 17,85 triliun yang berasal dari investasi di sektor industri, pembangkit listrik, pelabuhan, budidaya ternak dan properti‎.

Adapun produk-produk perizinan yang akan diberikan pada investor pada layanan izin investasi 3 jam adalah adalah izin investasi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akta Pendirian Perusahaan dan SK Pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Selain itu, Izin Memperkerjakan Tenaga Asing (IMTA), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Angka Pengenal Importir Produsen (API-P), dan Nomor Induk Kepabeanan (NIK) serta surat booking tanah jika dibutuhkan oleh investor.

 

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments