Final Sprint

Final Sprint

img
ilustrasi

Bulan-bulan akhir tahun adalah saat dimana banyak perusahaan dan pebisnis memeras otak dan tenaga untuk mengejar target-target yang belum tercapai. Apalagi kalau sudah memasuki bulan Desember maka akan sangat lebih mendebarkan lagi, hitungannya hanya tinggal hitungan hari. Apalagi aroma liburan juga sudah mulai terasa sehingga seringkali mengganggu konsentrasi kerja.

Permasalahan seperti ini harusnya  tidak perlu terjadi jika sejak awal tahun apa yang sudah direncanakan dikerjakan dengan maksimal. Karena itu biasanya bagi yang belum tercapai target-targetnya maka di akhir tahun seperti ini mereka melakukan “final sprint”.

“Final Sprint” adalah Istilah yang erat kaitannya dengan olahraga lari jarak jauh. Seorang pelari maraton harus menjaga stamina. Di jarak tempuh awal ia tidak boleh terlau lambat dan terlalu cepat, agar ia tak terlalu ketinggalan jauh dan stamina tetap terjaga, sehingga pada beberapa ratus  meter terakhir yang menjadi penentu kemenangan dia bisa berlari dengan kecepatan maksimal.

Begitu juga dengan dunia kerja. Setahun adalah waktu yang panjang. Seseorang harus menjaga ritme kerja dan semangatnya agar tetap produktif sampai akhir tahun. Agar target setahun bisa tercapai, perencanaan bulan demi bulan harus dilakukan dengan baik dan dievaluasi dengan tepat.

Bulan-bulan November dan Desember sangatlah berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya dimana orang seringkali masih dihantui pemikiran bahwa waktu masih panjang sehingga masih bisa santai sedikit. Jika ada kesalahan masih waktu untuk memperbaiki di bulan berikutnya. Akibatnya di bulan-bulan Januari sampai pertengahan tahun banyak orang lengah karena kehilangan fokus dan mengerjakan hal-hal di luar rencana.

Namun begitu sampai pada akhir tahun mereka pada bingung dan setiap kesalahan kecil bisa sangat fatal akibatnya. Pada saat seperti ini banyak orang mengharapkan keajaiban terjadi agar targetnya tercapai. Tak jarang ada yang mulai menyesali mengapa di bulan sebelumnya tak melakukan ini dan itu.

Fenomena mental seperti di atas seringkali terjadi. Hal ini manusiawi mengingat manusia adalah mahluk yang mudah toleransi pada dirinya sendiri. Walau pada akhirnya kemudian menyesal di belakang. Secara mental banyak orang tak mampu mendisiplinkan diri melakukan perencanaan yang telah ditetapkan. Belum lagi adanya mental blok yang seringkali tak dibereskan selama proses perjalanan mewujudkan target yang membuat perilaku menunda dengan berbagai dalih muncul menghalangi gerak langkah perjalanan.

Di artikel kali ini saya akan membahas tips untuk melakukan final sprint sehingga diharapkan bisa mengejar ketinggalan yang ada selama ini.

Yang pertama adalah dengan menuliskan target hingga akhir Desember. Tuliskan setiap hari agar Anda bisa terfokus dan senantiasa diingatkan untuk selalu menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab Anda.

Yang berikutnya adalah sortir setiap aktivitas Anda. Hanya pilih aktivitas yang mengarahkan pada taget. Jika Anda menuliskan setiap hari target Anda maka langkah kedua ini akan sangat terbantu. Seringkali orang tak pernah menetapkan mana aktivitas yang harus menjadi prioritas dan mana yang tidak. Seringkali semua aktivitas dianggap penting dan harus dilakukan segera. Padahal ada aktifitas yang bisa ditunda bahkan tak harus dilakukan.

Langkah ketiga adalah lakukan tindakan segera secara masif. Satukan pikiran dan tindakan Anda. Buat daftar tentang kemungkinan sumber daya yang ada dan lakukan segera! Seringkali dalam kondisi seperti ini orang bingung dengan apa yang harus dilakukan. Duduk diam 30 menit dan kemudian menuliskan sumber daya yang Anda miliki akan membuat terlihatnya semua kemungkinan yang ada.

Jika Anda seorang penjual maka tuliskan siapa saja yang harusnya Anda kunjungi selama 1 bulan kedepan. Jangan disortir. Tulis saja. Lalu jika Anda punya anak buah tuliskan siapa saja yang harus segera dibantu agar target bisa terlampaui. Bantuan seperti apa yang sekiranya mereka butuhkan juga perlu Anda tuliskan. Tuliskan juga semua nama pelanggan yang kemungkinan bisa melakukan order tambahan. Dan jika ada sumber daya lain yang Anda rasa bisa membantu mencapai target tuliskan saja.

Anda akan kaget bahwa hanya dengan duduk diam dan menuliskan semua hal yang mungkin maka akan terlihat begitu banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Dan ingat setelah itu langsung bertindak melakukan eksekusi.

Secara mental Anda bisa meringankan pekerjaan Anda dengan duduk relaks dan menenangkan diri memvisualisasikan semua target Anda tercapai. Munculkan di pikiran Anda skenario dimana target terlampaui dan Anda senang dan bangga pada diri Anda serta semua tim Anda. Ulangi setiap pagi dan malam agar pikiran Anda semakin terfokus pada target. Pikiran Anda seperti sinar laser yang memiliki kekuatan dan ketajaman luar biasa menembus apapun. Manfaatkan dengan baik karunia Tuhan yang maha hebat ini.

Akhir kata selalu bersyukur terhadap setiap hasil yang Anda capai apapun itu dan kemudian lakukan evaluasi dan perbaikan serta bertindak lagi. Semoga semua target Anda terlampaui dengan mulus. Salam hebat untuk semuanya

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments