Siemens Indonesia: Mendulang Kuantitas, Menjamin Kualitas

Siemens Indonesia: Mendulang Kuantitas, Menjamin Kualitas

img
gedung siemens

“Bagi kami, kualitas itu merupakan sebuah kebiasaan, tidak didelegasikan, serta merupakan tanggung jawab semua pihak,” ujar Erdy Kurniawan, Head of Quality Management, dan EHS dari PT Siemens Indonesia sembari membuka sesi wawancara.

Penerapan sistem manajemen terpadu (Integrated Management System / IMS) memang bukan hal mudah. Terlebih salah satu tantangannya adalah mengubah cara kerja karyawan yang telah terbiasa dengan sistem manual. Perlahan namun pasti, perusahaan yang berbasis di Jerman ini telah menjadi salah satu role model dalam penerapan konsep integrasi. Dampaknya, hasil produksi kian berkualitas, tenaga kerja memiliki standarisasi, pemilihan komponen produksi yang selektif, hingga pengurangan biaya produksi, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan atas produk Siemens.

Siemens menyebutnya dengan istilah North Star, diterjemahkan sebagai lima kunci utama dalam menjamin kualitas yang meliputi pelanggan dan fokus bisnis, komitmen secara personal, cek dan tes di muka, data yang dapat diakses secara real time, dan manajemen risiko.

“Menurut pelanggan-pelanggan kami yang paham dengan IMS, seperti dari kalangan mining serta oil dan gas, mereka sangat mengapresiasi Siemens dalam mengimplementasikan dan mengutamakan hal ini, “ Ujar Erdy.

Keberadaan Siemens sebagai pemain di sektor elektrifikasi, otomatisasi dan digitalisasi ini memang telah menorehkan berbagai prestasi di Indonesia, selain menjalankan peran sebagai pendukung berbagai proyek PLN dan perusahaan swasta, Pabrik Siemens di Pulomas, Jakarta Timur, kini juga menjadi regional hub kawasan ASEAN untuk sistem kelistrikan tegangan menegah. Panel-panel distribusi listrik yang diproduksi di dalam negeri oleh anak bangsa ini telah mampu menembus berbagai pasar internasional.

Lain lagi dengan cerita pabrik Siemens Cilegon, Banten, yang menjadi pusat produksi turbin dan komponen kelistrikan besar yang juga telah  mengekspor produknya ke berbagai belahan dunia. Saat ini, pabrik Siemens Cilegon sedang terlibat dalam pengerjaan turbin untuk proyek kelistrikan terbesar di Mesir. Proyek pembangkit listrik dengan kapasitas 14.4 Gigawatt ini disebut-sebut sebagai proyek kelistrikan terbesar di dunia saat ini untuk kategori combine cycle power plant.

Kiprah Siemens Indonesia untuk menembus berbagai pasar internasional juga didukung oleh berbagai standar internasional dan nasional seperti ISO 9001, ISO 14001, ISO 50001, dan yang terbaru sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). “Kami menjamin kompetisi para pekerja, menstandardisasi semua prosedur, customer inquiry, hingga meningkatkan semua kebutuhan guna sesuai dengan ISO-ISO tersebut sebagai wujud kepatuhan kami dalam mengikuti berbagai regulasi dari pemerintah” ujar Erdy.

Melalui penerapan standar ISO tersebut, Siemens Indonesia juga berencana untuk ikut serta dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) yang menjadi tolak ukur sejauh mana komitmen sebuah perusahaan dalam mengelola lingkungan di fasilitas produksinya. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting mengingat lingkungan yang bersih juga menjadi salah satu indikator dari penerapan manajemen mutu di Siemens.

Quality Control

Dewasa ini, di tengah banyaknya serbuan produk asing, kualitas menjadi hal yang tak dapat ditawar demi meningkatkan kepercayaan konsumen. Di Siemens, quality control dilakukan secara teliti dan bertahap. Strateginya tentu melalui pelaporan berbagai produk, ada corrective action untuk produk yang siap untuk dikirim, bahkan yang tak kalah penting adalah preventive action untuk meminimalisasi kesalahan-kesalahan produksi ke depannya. Mengingat aktivitas produksi sangat riskan, kesiapan dalam menghadapi berbagai hal-hal tak terduga penting diimplementasikan pada aktivitas produksi.

Bagi Siemens, inovasi yang ada di setiap produk merupakan wujud ketekunan dalam memenuhi semua kebutuhan pelanggan. Beragam inovasi Siemens tersebut terus berkembang seiring dengan komitmen untuk menjaga kualitas tiada henti.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments