Popok Bayi ber-SNI Berbahan Baku 100% Lokal

Popok Bayi ber-SNI Berbahan Baku 100% Lokal

img
popok

Bagi para ibu yang memiliki bayi, menyiapkan pakaian untuk buah hatinya tentu dilakukan dengan yang terbaik. Memilih produk yang aman dan berkualitas, akan menjadi prioritas. Ini dilakukan agar bayi merasa nyaman dan aman dimana pun berada. Lantaran ini, maka Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan SNI 7617:2013/Amd-1:2014 Tekstil : Persyaratan zat warna azo, kadar formaldehida dan kadar logam terekstraksi pada kain, AMANDEMEN 1.

SNI ini kemudian diberlakukan secara wajib oleh Kementerian Perindustrian melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 97/M-IND/PER/11/2015. Peraturan ini merupakan perubahan atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 07/M-IND/2/2014 Tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Persyaratan Zat Warna AZO, Kadar Formaldehida, Dan Kadar Logam Terekstraksi Pada Kain Untuk Pakaian Bayi Secara Wajib.

Dengan diberlakukannya SNI tersebut secara wajib, maka seluruh produk pakaian bayi yang beredar di Indonesia, harus memiliki SPPT – SNI (Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI). Bagi PT. Gee Gallery Group, menerapkan dan memiliki sertifikat SNI adalah hal yang penting dan diperlukan. Menurut perusahaan ini, bayi yang baru lahir lebih rentan dan sensitif terhadap berbagai faktor dan kondisi lingkungan. Dengan begitu, perlu diperhatikan standar keamanan dari produk yang dipakai.

PT. Gee Gallery Group secara resmi didirikan pada tanggal 11 Januari 2016 dengan Akta Notaris dan dikukuhkan dengan SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0001427.AH.01.01.TAHUN 2016 pada 12 Januari 2016 untuk menaungi Geegallery sebagai online marketing produk GG yang sudah eksis sejak 1 Maret 2010.

Ide membangun usaha ini, bermula dari pengalaman Indah Sajidin (35 thn) –sang pemilik perusahaan ketika mengalami masalah pada anak pertamanya yang saat itu berusia 1 tahun. Buah hatinya itu terkena ruam popok dan alergi akibat menggunakan popok sekali pakai.

Dia pun bercerita kepada temannya yang sedang melakukan study di Kanada. Saat pulang ke tanah air, temannya itu membawakan oleh-oleh popok kain. Popok kain yang diberikan sangat berbeda dari popok kain yang biasa ditemui di Indonesia.

Indah pun menyukai popok tersebut. Bentuknya yang seperti popok sekali pakai, namun bahannya sangat nyaman. Dia lantas melakukan browsing di Internet dan ditemukan informasi bahwa ternyata popok kain impor seperti itu sudah masuk ke Indonesia tapi harganya sangat mahal. Sementara itu, membeli produk lokal ternyata tidak seperti yang diharapkan karena bahannya sangat berbeda dari yang ia miliki.

Sejak saat itu, Indah mulai mencari bahan-bahan dengan tujuan membuatkan popok kain yang nyaman dan praktis untuk sang buah hati. Selama pencarian bahan itu Indah juga melakukan pencarian informasi seputar tutorial pembuatan popok kain dan mencoba membuatnya dengan bahan seadanya.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya Indah berkenalan dengan seorang teman yang ternyata dia bekerja di importer yang menyuplai membrane yang digunakan oleh industri lokal untuk membuat bahan pakaian bayi. Bahan ini sesuai harapannya untuk membuat popok kain sendiri sesuai impiannya.

Dengan bermodalkan kain 100 meter yang diperolehnya itu yang menghasilkan kurang lebih 900 popok kain. Namun setelah dipasarkan, 900 popok itu habis dalam waktu kurang dari 2 minggu sehingga Indah pun terpacu untuk membuat popok kain modern yang nyaman, sehat dan ekonomis untuk ibu-ibu di Indonesia pada khususnya. Promosi selanjutnya dilakukan melalui online.

Produk Geegalery sendiri beraneka macam dengan 4 produk utama yaitu Popok Kain, Pembalut Kain, penampung ASI dan laundry net. Sejak tahun 2010 hingga 2015, telah diluncurkan beberapa produknya diantaranya Peluncuran GG Ori yang kemudian berubah menjadi  GG B-Dipe; Pull Up Pant; Microfleece Liner; Menstrual Pad; serta Breast Pad.

Untuk menghasilkan produk berkualitas, produk Geegallery menggunakan 3 material utama, yaitu: Lapisan dalam terbuat dari Microfleece, "Highly breathable", lembut, cepat kering. Hal ini menghindarkan buah hati dari ruam popok apalagi bila buah hati memiliki kulit yang sensitif. Noda tidak mudah menempel dan PUP mudah dibersihkan serta tidak mudah mbrudul.

Lapisan luar terbuat dari Polyester dengan Polyurethane Laminate (PUL) originally developed untuk kebutuhan medis, lembut, lentur, waterproof namun tetap breathable membuat bahan ini sempurna untuk dijadikan popok kain.

Penyerap popok kain terbuat dari bahan Microfiber terry yg memiliki keunggulan hypoallergenic, antibacterial, daya tahan tinggi sehingga tidak mudah rusak serta memiliki daya serap tinggi. Microfiber memiliki daya serap 7x dari beratnya, jauh lebih baik dari cotton yang hanya memiliki daya serap 5x dari beratnya.

Setiap produk Geegallery sendiri dibuat dengan teliti dan detail. Melalui serangkaian trial fitting yang disesuaikan dengan anatomi anak Indonesia. Geegallery menjamin kualitas produknya karena menggunakan material terbaik langsung dari pabrik yang memiliki standar oexo-tex 100 dan membuat produk sendiri di workshopnya sendiri.  Geegallery berusaha menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau di pasar. Produk-produk Geegallery selalu melakukan inovasi, mengikuti perkembangan pasar dan permintaan konsumen. Semua produk yang diproduksi secara eksklusif untuk memastikan jahitan yang konsisten dan rapi.

Sebagai perusahaan skala UKM yang menghasilkan produk berkualitas untuk wanita, Ibu, dan Bayi, Gee Gallery Group dengan brand GG (Grow with Green) menggunakan bahan baku lokal 100% Indonesia. Bahan baku ini lebih sehat, aman dan ramah lingkungan. Produk PT Gee Gallery Group telah memiliki SNI dengan nomor 7617:2013/Amd-1:2014 dan Nomor Registrasi Produk (NRP) 204-002-160265.

Dengan memiliki sertifikat SNI, PT Gee Gallery Group sesungguhnya sudah menunjukkan komitmennya dalam menghasilkan produk yang aman dan berkualitas. Bahkan sebelum melakukan sertifikasi SNI, perusahaan ini meyakini bahwa produknya aman untuk bayi karena pilihan bahan dan pemasok dijaga dengan sebaik-baiknya. Namun begitu, Gee Gallery mengambil tindakan untuk melakukan sertifikasi SNI untuk memberikan kejelasan keamanan dan kualitas produk.

Kini dengan produk dengan SNI, Gee Gallery memang mempunyai nilai daya saing yang lebih dari produk sejenis, dan menjadi nilai promosi yang baik bagi Gee Gallery. Produknya diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dibuktikan dengan produksi dan penyerapan pasar produk popok kain sebanyak 1500 popok per bulan, sehingga pangsa pasar hendak diperluas hingga ke luar negeri. Pasar ekspor sampai dengan saat ini telah sampai ke Malaysia dan terus berupaya meningkatkan pasar ke bagian lain seperti Singapura dan Selandia Baru.

Kantor PT. Gee Gallery Group berlokasi di Taman Kenari Jagorawi Blok 4b/16-17 Puspasari, Citeureup, Jawa Barat. Perusahaan memiliki visi untuk menjadi produsen produk inovatif ramah lingkungan untuk Ibu dan Anak  yang terkemuka di Indonesia.

Budaya kerjanya mengutamakan kepuasan konsumen, sikap melayani, inovasi terus menerus, persaudaraan dan persaingan yang sehat. Saat ini jumlah tenaga kerja PT Gee Gallery Group sebanyak 19 orang, mencakup beberapa bagian, yaitu; produksi, gudang, administrasi, pemasaran, dan direksi.

Area pemasarannya saat ini telah menjangkau ke seluruh Indonesia melalui 13 distributor resmi di Indonesia, dan 1 distributor resmi di Malaysia. Wilayah distributor di Indonesia meliputi: Jakarta, Purwokerto, Depok. Temanggung, Bandung, Mojokerto, Bekasi, Malang, Cirebon, Ngawi, Salatiga, serta Klaten.

“Dalam jangka pendek, kami ingin membuat gerai offline agar masyarakat lebih mudah menjangkau kami serta melakukan diversifikasi produk,”ujar Indah Sajidin.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments