Melipat Gandakan Pendapatan di Tengah Situasi Lesu

Melipat Gandakan Pendapatan di Tengah Situasi Lesu

img
ilustrasi

Halo para pembaca Quality yang hebat tanpa sadar kita semua telah menjalani tahun 2016 beberapa bulan. Selama bulan-bulan awal banyak yang mengatakan bahwa ekonomi lagi mengalami kelesuan. Namun jika kita lebih jeli lagi ternyata ada beberapa orang mengatakan bahwa bisnisnya makin meledak. Hm … apakah ada yang seperti itu ? Yaa … kenyataannya ada.

Sebenarnya situasi buruk adalah situasi global. Namun di antara para pelaku ekonomi pastilah ada yang mengalami peningkatan. Apa yang sebenarnya terjadi adalah sebuah pergeseran.

Saya pribadi membimbing beberapa grup coaching dari berbagai perusahaan dan juga dari berbagai latar belakang bisnis. Saya selalu menekankan pada orang-orang yang saya bimbing tersebut untuk selalu menjaga pikiran dan tindakan mereka menghadapi situasi “buruk” seperti sekarang ini.

Hasilnya?

Mereka mengalami peningkatan dan mencapai targetnya bahkan beberapa melebihi target.

Di saat orang yang berada dalam bisnis yang sama mengeluh ada orang lain yang juga berada di bisnis yang sama mengalami peningkatan. Hmm … apakah yang terjadi? Bagaimana bisa?

Semuanya kembali pada pola pikir dan tindakan nyata yang dilakukan. Untuk itu di edisi kali ini saya akan berbagi prinsip dasar yang selama ini saya ajarkan pada orang-orang yang berada dalam program coaching saya.

  1. Milikilah goal / target yang jelas, spesifik dan terukur.

Goal / target berfungsi untuk membuat pikiran Anda memiliki fokus dan menyaring informasi yang diperlukan yang berkaitan dengan goal tersebut. Selain itu goal / target juga berfungsi sebagai sarana untuk melatih diri mengembangkan karakter-karakter positif yang diperlukan untuk mencapai prestasi besar di kemudian hari. 

Hal utama dari penetapan goal / target bukan pada tercapai atau tidaknya hal tersebut tapi lebih kepada terciptanya karakter-karakter positif yang terbentuk seiring dengan proses mewujudkan goal tersebut. Karakter-karakter positif inilah yang kelak akan Anda bawa terus saat mewujudkan goal / target yang lebih besar lagi.

  1. Fokuskan pikiran dan perasaan Anda pada goal / target yang telah ditetapkan. Selalu tanyakan pada diri Anda :

“Apa yang bisa saya lakukan lebih baik dari kemarin untuk mewujudkan goal/target saya?”

Jangan heran saat Anda memutuskan untuk fokus maka akan muncul godaan atau tawaran yang seolah-olah lebih baik dari goal / target yang sedang Anda kejar. Tetaplah fokus pada goal / target Anda sampai tuntas atau Anda tidak akan pernah menuntaskannya jika selalu menanggapi godaan yang muncul.

  1. Tuliskan goal / target Anda setiap hari pada secarik kertas (atau pada buku khusus juga lebih baik). Tambahkan juga tindakan spesifik yang Anda mau kerjakan pada hari yang bersangkutan untuk mendekatkan Anda pada goal / target tersebut.

Hal ini berguna untuk tetap menjaga fokus Anda saat kemarinnya menghadapi tantangan atau masalah yang tidak ada kaitannya dengan goal Anda yang harus Anda selesaikan.

Tanpa menuliskan tiap hari Anda akan lebih mudah terdistorsi jika menghadapi masalah yang harus diselesaikan.

  1. Perbanyak pikiran positif , kurangi masukan negatif dan batasi diri untuk berpikir negatif.

Setiap hari Anda harus menghadapi negatifitas. Entah itu keluhan pelanggan, anak buah yang susah diatur dan belum lagi masalah-masalah pribadi Anda dengan keluarga di rumah. Semua itu menuntut Anda untuk selalu mengimbanginya dengan masukan positif atau jika tidak maka Anda akan terkubur dalam negatifitas tersebut.

Saya telah menyediakan sebuah program pengembangan diri sebagai kontribusi saya pada orang-orang yang ingin maju. Anda akan dibimbing melalui audio yang telah saya rancang dengan kurikulum tertentu untuk memberikan dampak perubahan bagi pola pikir Anda. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunduhnya secara GRATIS di www.21dsm.ariesandi.com

Anda tinggal masukkan nama dan alamat email Anda maka program akan dikirimkan otomatis pada Anda setiap hari selama 21 hari.

  1. Jalinlah kemitraan dengan pihak lain untuk memperluas pasar. Di era keterbukaan informasi seperti sekarang kemitraan adalah hal penting. Anda sulit mencapai sebuah target atau goal jika hanya mengandalkan kemampuan sendiri. Bukalah pintu kemitraan dengan pihak lain atau dengan kompetitor bahkan. Anda akan kaget melihat betapa kemitraan bisa mengakselerasi perkembangan Anda.
  2. Inovasilah untuk produk dan pelayanan Anda.

Dunia sekarang sedang mengalami percepatan di berbagai bidang. Dengan berkembangnya internet maka teknologi semakin cepat berubah. Perusahaan dan individu yang bisa bertahan adalah yang mau fleksibel dan selalu belajar serta mengembangkan diri. Dengan begitu mereka akan mendapatkan banyak ide baru untuk terus berinovasi. Saat Anda membaca tulisan ini ada satu orang di luar sana sedang merencakan sebuah perubahan. Jika Anda masih tidak mau belajar mengembangkan diri dan bersikap terbuka serta fleksibel maka tinggal tunggu waktu saja tergilas oleh arus perubahan. 

Demikianlah beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan dalam upaya untuk melipatgandakan pendapatan Anda dan perusahaan.

Salam hebat untuk Anda

Indonesia bermutu dimulai dari perubahan pola pikir individunya

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments