Terobosan Baru Pendidikan Karakter (Character Building Camp) di Indonesia

Terobosan Baru Pendidikan Karakter (Character Building Camp) di Indonesia

img
-

Keberhasilan sebuah proses pendidikan tidak hanya ditentukan oleh bagaimana pengajarnya, metode pengajarannya, fasilitas serta infrastrukturnya tetapi juga bagaimana dari si peserta didik sendiri juga memiliki karakter siap didik. Dalam artian sebelumnya para siswa penting untuk memiliki karakter yang dapat menunjang keberhasilan akan kompetensi yang mereka ingin capai. Maka pendidikan hard skill , perlu didudukung dengan kemampuan soft skill  lewat pendidikan  karakternya..

Berbicara mengenai pendidikan karakter, keberadaan Balai Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karakter SDM Transportasi (BP3K) di Pasir Jambu, Bandung dapat dikatakan sebagai sebuah gebrakan. Karena selain sebagai kampus pembentukan karakter sipil pertama di Indonesia, BP3K Pasir Jambu lewat Diklat Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna nya juga tercatat  pada Museum Rekor (Dunia) Indonesia (MURI) untuk kategori Pemerintahan: sebagai Kementerian Negara Pertama yang melaksanakan Pelatihan Pembangunan Karakter Terlama dan Jumlah Peserta Terbanyak secara terpadu. 

Di bentuknya BP3K ini tujuannya untuk membentuk karakter dari jiwa para taruna karena taruna yang masuk di BPSDM adalah para pelajar dari lulusan SMA yang mana notabene masih butuh dibangun karakternya untuk memiliki mental baja dan mental melayani dengan baik. Dengan visi demi kecintaan terhadap bangsa dan Negara, pendidikan karakter di  BP3K berusaha untuk menumbuhkan karakter yang mandiri, kebersamaan, kegotong-royongan bagi peserta didik serta yang terpenting adalah bagaimana para perserta didik memiliki rasa kecintaan terhadap Tuhan. Karakter-karakter tersebut merupakan perwujudan dari manusia Indonesia yang sesungguhnya.

Keberadaan BP3K Bandung yang dibangun diatas lahan seluas 35 hektar mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Sebagai apresiasi  terhadap hal tersebut, BP3K telah menyerap 30 tenaga kerja honorer dari warga sekitar.

Sasaran dan Metode Pelatihan

Sasaran pendidikan karakter di BP3K sendiri dikatakan Joko ialah bagaimana para siswa memiliki jiwa melayani yang baik. “Karena kita melayani masyarakat, maka selain tertib dan disiplin, siswa juga wajib mempunyai kejujuran,” ungkap Joko. “Jujur dulu baru bisa mengabdi secara ikhlas dan pantang menyerah. Terutama dalam hal ini adalah pelayanan kepada masyarakat maka sikap pantang menyerah dan pengabdian yang tulus juga menjadi karakter yang wajib untuk ditumbuh kembangkan,” tambahnya.  

Metode pelatihan di BP3K menggunakan konsep outdoor. Paling selama dua minggu pelatihan, pelatihan mengutamakan ketahanan mental. Dalam hal ini BP3K bekerja sama dengan TNI. Tahapannya, pertama dilakukan serah terima tanggung jawab pelatihan secara resmi. Setelah upacara, para siswa akan diserahkan kepada TNI untuk dilakukan penggemblengan secara profesional. Selain latihan fisik, kemudian diberikan pendalaman materi psikologi yang dibagi dalam 12 kelas. Materi psikologi disampaikan secara audio visual baik itu melalui film maupun pendampingan materi  oleh instruktur.  Untuk instruktur sendiri, terdapat 12 instruktur yang sudah berlisensi dari Singapore dan bergelar S2. Selain itu juga terdapat latihan untuk  teamwork.

Ragam Wahana dan Program Terbaru

Terdapat wahana pengembangan softskill di BP3K yang terdistribusi dalam 18 multi elemen baik  untuk latihan menumbuhkan team work/ kerja sama tim ataupun melatih mental perorangan . Beberapa diantaranya ialah merangkai rakit, voli dan futsal di kolam renang, menyelam, camping ground, solo camp, masak-memasak, alang rintang, flying fox, dll. Khusus untuk flying fox, diungkapkan Joko bahwa yang mereka miliki adalah wahana flying fox dengan panjang 300 meter dan ketinggian sekitar 70 meter.

Tercatat telah banyak sekolah yang mendaftarkan siswanya untuk menempuh pendidikan karakter di BP3K Pasir Jambu.  BP2IP Mauk,  STTI Curug,  STIP Marunda, STTD,  STIP Semarang, ATKP Surabaya Poltekel Surabaya,  API Madiun, BP3 Banyuwangi, ATKP Makassar, STIP Makassar,  dll.  “Ada 23 satker sekolahan hampir setengahnya sudah disini,” jelas Joko.

Joko mengatakan bahwa tahun ini ada program baru dari pimpinan, yaitu program Diklat Bela Negara dimana dalam waktu dekat ini dibuka  untuk 250 PNS sebagai uji coba.  Dalam hal ini BP3K bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan dari segi modul pelatihan dan instrukturnya. 

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments