Rhenald Kasali: Berubah Di Era Disruption Agar Bisa Survive

Rhenald Kasali: Berubah Di Era Disruption Agar Bisa Survive

img
renald kasali

Ditengah era disruption saat ini, Dalam dunia bisnis perubahan terjadi begitu cepat. Lawan-lawan yang tidak kelihatan bermunculan menjadi kompetitor yang dengan teknologi canggihnya bisa menggerus bisnis yang telah lama berdiri. Tanpa adanya inovasi dan perubahan yang hanya melakukan hal yang sama secara berulang-ulang, maka akan luluh lantah dimakan perkembangan teknologi yang modern. 

Hal itu disampaikan Rhenald Kasali saat program Up Bringing Kuliah tamu di Universitas Pertamina, Simprug Jakarta Selatan. Kita harus berusaha Menghadapi Lawan-lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber. Karena itu harus melakukan cara dan metode baru, karena sekarang persaingan bukan produk lawan produk, tetapi business model dengan business model," kata Rhenald Kasali. 

Dia menambahkan, saat ini gelombang perubahan di dunia sangat besar dipengaruhi oleh teknologi informasi. Hal ini berimbas dalam dunia bisnis, seperti dalam kasus terpukulnya perusahaan taksi konvensional dengan menyeruaknya bisnis taksi online yang seolah seperti lawan yang tak kelihatan.“Kita harus sadar kalau kita enggak berubah maka kita enggak bisa survive,” tutupnya mengingatkan. 

Ini merupakan sebuah zaman yang menjadi tantangan besar bagi para perusahaan incumbent besar bereputasi yang selama ini berdiri kokoh. Kompetitor yang ada saat ini adalah kompetitor yang tak kelihatan. Misalnya perusahaan-perusahaan taksi yang memiliki kompetitor taksi online yang tak memiliki gambaran fisik taksi sebagaimana lazimnya. Begitu juga dengan aplikasi online ojek yang mendisrupsi ojek konvensional.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments