Aplikasi GPS haji Pertama di Indonesia

Aplikasi GPS haji Pertama di Indonesia

img
Peluncuran Aplikasi HajTracking

Pusat Riyal sebagai satu usaha yang melayani kebutuhan para jamaah haji, dari penukaran mata uang rupiah ke riyal, penyedia beberapa keperluan jamaah haji yang sangat penting, seperti penyediaan kantong pipis,obat tetes mata dan beberapa keperluan lainnya.

Di tahun 2017ini, Pusat Riyal melakukan inovasi yang menjawab kebutuhan jamaah haji dan keluarganya yaitu dengan membangun suatu aplikasi yang sangat inovasi, yang lebih dikenal dengan HajTracking. Aplikasi iini berbasis GPS untuk memantau keberadaan jamaah haji disana dengan dilengkapi fitur untuk melakukan komunikasi bagi jamaah.

Inovasi ini sendiri berlatar belakang dari studi yang dilakukan Pusat Riyal dimana hampir 70% dari total jamaah yang melakukan perjalanan haji adalah kaum manula dengan range usia diatas 60 tahun. Karena itu sangatlah jamak permasalahan umum yang sering terjadi adalah banyaknya jamaah haji yang tersesat dan bingung untuk menemukan lokasi rombongannya, belum lagi ditambah kegelisahan dari anggota keluarga ditanah air yang sangat ingin mengetahui lokasi dan kegiatan dari jamaah haji disana. ARMINA.

Pusat Riyal berusaha menjembatani kebutuhan tersebut dengan inovasi yang telah dipelajari melalui studi kebiasaan maupun kebisaan dari jamaah haji, yaitu dengan aplikasi GPShaj tracking.

Aplikasi ini sepenuhnya dikembangkan oleh Pusat Riyal dan dapat diakses melalui web yang dapat diakses dengan komputer yang terhubung dengan jaringan internet, maupun mobile yang diakses dengan smartphone(hp) dengan paket data(internet). Aplikasi ini memanfaatkan secara maksimal teknologi yang tersedia, yaitu: GPS (satelit), GPRS/3G/4G (selular) dan Bluetooth (jangkauan pendek).

Selain variasi akses yang ditawarkan,aplikasi ini memiliki fitur yang sangat memadai untuk para jamaah haji selama berada ditanah suci. Fitur-fitur dari aplikasi tersebut adalah tracking lokasi dari jamaah yang dilengkapi dengan peta lokasi sehingga dapat menampilkan posisi jamaah dapat di identifikasi secara otomatis, Identitas dan lokasi tinggal jamaah. Dan untuk mengurangi kecemasan anggota keluarga di tanah air, aplikasini dapat diakses oleh keluarga tanah air sehingga mereka dapat memantau kapanpun anggota keluarga yang merupakan jamaah haji kapanpun. Pemantauan ini dilakukan juga secara terpusat di ruang Command centre yang dikelompokkan tergantung asal daerah jamaah haji.

Tak hanya untuk memantau keberadaan dan membantu jamaah haji agar tak tersesat dan tetap terintegrasi dalam satu rombongan, Pusat Riyal juga mem bundle aplikasi ini dengan kemudahan berkomunikasi antara jamaah haji dengan anggota keluarganya ditanah air.

Bagaimana dengan pemantauan jamaah diwilayah yang sangat padat dan susah sinyal jaringan operator, seperti diwilayah Arofah-Minadan Musdalifah?Pusat Riyal menawarkan solusi untuk mengatasi kendala ini dengan blackbox, yang merupakan perangkat sentral dalam sebuah rombongan jamaah haji, melalui alat ini kepala rombongan maupun jamaah haji dalam satu grup dapat berkomunikasi. Ini sangat berguna bila ada jamaah haji yang terlepas dari rombongan. Jangkauan komunikasi perangkat ini dengan jamaah haji sekitar 50meter. Perangkat ini bila terhubung dengan jaringan internet akan memungkinkan pengawas haji masing-masing daerah dan keluarga dapat memantau keberadaan jamaah haji.

Secara garis besar, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sangat menjawab kebutuhan permasalahan jamaah haji yang secara historis selalu terjadi disetiap tahun keberangkatan. Pusat Riyal menawarkan solusi ini dalam satu paket yang bisa langsung digunakan oleh jamaah haji, keluarga, pembimbing dan pengawas haji yang bertugas, yaitu aplikasi GPS tracking dengan kuota data yang telah di bundle sebesar 3GB dari partner roaming operator manapun di Saudi Arabia serta kemudahan berkomunikasi dengan anggota keluarga. Aplikasi menarik ini bisa diperoleh di outlet Pusat riyal pada area manasik maupun asrama- asrama haji masing-masing daerah ataupun dapat menghubungi contact centre Pusat Riyal secara langsung. 

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments