Bangun Tenaga Muda Produktif Indonesia, PT Pertamina Lubricants Raih Nusantara CSR Award

Bangun Tenaga Muda Produktif Indonesia, PT Pertamina Lubricants Raih Nusantara CSR Award

img
CSR Award

PT Pertamina Lubricants kembali menunjukan komitmennya untuk terus memberikan yang terbaik tak hanya bagi konsumennya, namun juga kepada masyarakat Indonesia dengan menerima penghargaan Nusantara CSR Award  untuk dua katergori yakni “Peningkatan Mutu Pendidikan” dan “Pemberdayaan Pengusaha Kecil” dari The La Tofi School of CSR. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas program kewirausahaan tenaga muda produktif Indonesia melalui “Enduro Student Program” (ESP) yang merupakan sebuah program pelatihan dan kewirausahaan khususnya perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi SMK otomotif terpilih di wilayah Cilacap, Jawa Tengah dan juga pengolahan drum bekas non B3 untuk dijadikan perabot penuh inovasi.

ESP merupakan program khusus pendidikan perbengkelan roda dua dan magang / bekerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan, lingkungan dan perencanaan bisnis agar dapat membangun kemandirian ekonomi dalam jangka panjang. Program ini telah melibatkan 21 siswa berprestasi yang memiliki minat kuat dalam usaha mekanik atau perbengkelan dan memiliki mimpi untuk membangun kemandirian masyarakat melalui usaha bengkel.

Dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat. Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Pertamina Lubricants juga telah membina tujuh bengkel independen di wilayah Cilacap untuk menjadi mentor dan tempat magang bagi seluruh peserta ESP dan memberikan mereka bekal ilmu kewirausahaan dan pemasaran secara real dan dapat beinteraksi dengan konsumen sekaligus menambah wawasan baru yang kelak akan menjadi panutan mereka untuk berbisnis.

Program ESP juga menjadi wadah para peserta untuk dapat memberikan inovasi dan ide segila-gilanya dalam hal pemasaran dan penjualan pelumas. Setelah magang, mereka akan ditantang untuk membuat sebuah perencanaan bisnis dan akan dituntut untuk mengasah ide dan kreatifitas. Hal tersebut adalah untuk terus menumbukan semangat serta motivasi dalam bekerja dan menjadi mandiri.

Pertamina Lubricants juga telah mengandeng Home Industry di Cilacap untuk melakukan daur ulang drum bekas Non-B3 agar menjadi perabot seperti lemari, kursi dan meja penuh kreatifitas hingga menghasilkan nilai tambah. Perabot ini lalu digunakan di berbagai bengkel untuk kebutuhan masing-masing mekanik.

Program berkelanjutan ini diharapan dapat menumbuhkan usaha perbengkelan diwilayah Cilacap menjadi lebih baik dan sejahtera dan juga turut membangun semangat jiwa muda Indonesia untuk terus bekerja keras dan bersemangat tinggi. Kedepannya, program ini akan dilanjutkan dan direplikasi ke wilayah pabrik PT Pertamina Lubricnats lainnya yaitu Gresik dan Tanjung Priok.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments