Rektor Baru UT Janji Tingkatkan Kualitas Layanan Akademik Jarak Jauh

Rektor Baru UT Janji Tingkatkan Kualitas Layanan Akademik Jarak Jauh

img
Universitas terbuka

Univeristas Terbuka (UT) memiliki rektor baru. Guru besar bidang Kurikulum UT, Prof Ojat Darojat menggantikan Tian Belawati yang telah mengabdi selama dua periode. Ojat akan memimpin UT pada periode 2017-2022.

Ojat menyatakan pada masa kepemimpinannya, kualitas layanan pendidikan UT akan ditingkatkan. Pihaknya akan terus mendorong mahasiswa belajar mandiri. Pasalnya, UT merupakan perguruan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ), sehingga harus mengedepankan kemandirian mahasiswa. "Pada kepemimpinan sebelumnya, sistem pendidikan UT telah didesainkan sangat modern tidak hanya dilingkup lokal dan  nasional tapi juga lingkup global, saya akan fokus  meningkatkan kualitas layanan akademik mandiri kepada mahasiswa," kata Ojat 

Pihaknya akan fokus menyediakan bahan ajar yang dilengkapi tutorial untuk memudahkan mahasiswa memahami materi tanpa ada tutor ataupun dosen. Sejak registrasi, mahasiswa akan dibina agar memiliki keterampilan belajar jarak jauh dan siap menjadi mahasiswa mandiri.

Pada kesempatan itu, dia menyatakan tantangan yang harus dihadapi dalam pendidikan jarak jauh, antara lain mengurangi jumlah drop out(DO). Pasalnya, jumlah mahasiswa UT yang tidak menyelesaikan kuliah hingga tahap akhir setiap tahun mencapai 30 persen. Salah satu faktor penyebabnya adalah mahasiswa merasa kesepian karena jauh dari lingkungan dosen dan mahasiswa lainnya, sehingga tidak termotivasi untuk belajar.

"Ketika mendapat nilai rendah pada salah satu mata kuliah. Mahasiswa ini enggan untuk menggulangi di tahun berikutnya. Akibatnya, setelah mata kuliah lainnya lulus dan harus mengulangi mata kuliah yang sama. Kebanyakan memilih tidak meneruskan kuliah," terangnya. Meksi demikian, ia menuturkan UT pernah berada di puncak keemasan saat jumlah mahasiswanya sangat fantastis. Pada 2010, UT memiliki 650.000 mahasiswa, meski sekarang jumlahnya kisaraan 300.000-an.

Sementara itu, Tian Belawati mengatakan dirinya akan terus berkarya untuk UT. Ia akan kembali menjadi dosen UT. “Sebagai guru besar ilmu pendidikan saya akan kembali mengajar, namun saya akan lebih menekuni bidang penelitian di kampus UT,” ucapnya.Ia juga mengatakan penggantinya akan dapat mengantar UT menjadi lebih baik sebagai perguruan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments