Saatnya Media Luar Ruang Memperhatikan Estetika dan Efisiensi Energi

Saatnya Media Luar Ruang Memperhatikan Estetika dan Efisiensi Energi

img
Peluncuran LED Display Daktronics

Upaya Pemerintah mendaftarkan 10 kota negara RI untuk mengikuti lomba dan uji coba Environmentally Sustainable Cities salah satunya dapat didukung lewat target efisiensi penggunaan energi oleh gedung-gedung kota. Khususnya di kota seperti Jakarta dengan banyaknya gedung yang ada, diperlukan pengembangan alternatif energi untuk tiap-tiap gedung termasuk dari sisi media luar ruang yang terpasang di sisi luar gedung.

Seperti kita ketahui Jakarta sebagai pusat perekonomian memiliki intensitas penggunaan media luar ruang yang sangat tinggi.  Dapat kita lihat bagaimana di hampir setiap sudut kota terpasang sarana promosi atau billboard yang menampilkan beragam info ataupun iklan. Sementara itu Jakarta sebagai Ibu Kota tetap perlu untuk menampilkan citra metropolitannya tentu dengan penataan media luar ruang yang sedang dipandang mata atau berestetika.

Oleh karena itu saat ini penggunaan media luar ruang telah berkembang dalam bentuk LED Display yang lebih memiliki keunggulan visual bahkan interaktif. Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa dunia sudah memasuki era digital sehingga hal tersebut menuntut semua pihak menggunakan teknologi digital termasuk penggunaan LED Display dalam industri periklanan luar ruang. “Media ini sebagai bagian dari Industri Periklanan Luar Ruang yang juga  mendukung industri perdagangan,” ujar Enggar saat ditemui disela-sela peluncuran LED Display Daktronics di Jakarta (31/10/2017).

Di kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT.Media Indra Buana (MIB), Nyomananda, mengungkapkan bahwa selain penggunaan LED Display sebagai media luar ruang merupakan bentuk penyesuaian jaman, LED Display juga mempunyai nilai lebih yaitu bagaimana tampilan kota lebih berestetika. Namun menurutnya penggunaan LED Display ini juga wajib memperhatikan dari sisi konsumsi energinya. “Perlu awareness dari setiap pemangku kepentingan terhadap produk-produk media luar ruang dalam hal ini LED Display yang lebih memiliki kemampuan dalam hal efisiensi energi,” ungkapnya.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments