Satu Desa Satu Taman Baca

Satu Desa Satu Taman Baca

img
Komunitas Sedekah Sampah Pondok Indah

Sementara pemerintah sedang ramai mempersoalkan tentang bagaimana mengurangi sampah lewat serangkaian kebijakan yang masih tarik ulur, sebuah komunitas bernama KISSPI (Komunitas Sedekah Sampah Pondok Indah) ambil tindakan nyata dengan mengajak masyarakat untuk bersedekah sampah. Berawal dari aktivitas tersebutpun, banyak kemudian masyarakat yang juga memberikan buku sehingga terbesit ide untuk membuat kegiatan Taman Baca di daerah lewat gerakan #SATU DESA SATU TAMAN BACA.

Komunitas ini konsep besarnya adalah berdakwah dengan mengangkat tema-tema lingkungan. KISSPI mengajak jamaah Masjid Raya Pondok Indah dan masyarakat umum untuk peduli lingkungan dengan cara bersedekah. “Apa yg disedekahkan?? Awalnya botol-botol plastik dan sampah non organik lainnya,” terang salah satu pengurus KISSPI, Mahfuz Ali.  Namun seiring dengan waktu banyak juga jamaah dan masyarakat yang memberikan buku-buku bekas, baik buku sekolah SD, SMP, SMU dan juga buku-buku umum serta buku-buku agama.,” tambahnya. Diakuinya jumlah buku yang diterima sangat banyak dan kesulitan untuk menyimpannya, Sehingga dari sini timbul ide menyalurkan buku-buku tersebut ke daerah dalam bentuk kegiatan Taman Baca.

Kegiatan Taman Baca itu sendiri seperti perpustakaan pada umumnya, meminjamkan buku kepada anak-anak di sekitar lokasi taman baca. “Kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan kami juga berharap ada lembaga atau perusahaan yang juga dapat turut serta mendukung kegiatan ini kedepannya,” tutup Ali.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments