PT SHS Gandeng Batan Untuk Tingkatkan Produktifitas dan Kualitas Padi

PT SHS Gandeng Batan Untuk Tingkatkan Produktifitas dan Kualitas Padi

img
PT Shang Hyang Seri melakukan kerjasama (MOU) dengan Badan Tenaga Atom Nasional

Untuk meningkatkan produktifitas dan mendapatkan hasil padi yang berkualitas, PT Shang Hyang Seri melakukan kerjasama (MOU) dengan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) untuk penyediaan benih bagi para petani. Padi varietas baru hasil pengembangan Batan ini tahan terhadap hama wereng batang coklat (WBC) dan hama penggerek batang. Padi varietas baru yang diberi nama padi Tropiko ini mempunyai potensi produksi sampai 10 ton per ha.

Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir Batan, Hendig Winarno mengatakan, benih padi varietas baru Tropiko yang dikerjasamakan dengan PT Sang Hyang Seri (PT SHS) sudah melalui serangkaian pengujian.

Kerja sama dengan PT SHS bukan yang pertama kali. Sebab, pada tahun 2013 Batan pernah menggandeng PT SHS untuk mengembangkan varietas padi Pandan Putri, Bestari, Mira, dan Sidenuk. Sesuai rencana, Batan akan menggandeng PT SHS untuk mengembangkan kedelai mutiara 1 dan 2 ke masyarakat.

Dirut PT Sang Hyang Seri (SHS), Syaiful Bahri menyambut baik kerja sama institusinya dengan Batan untuk mengembangkan padi Tropiko. Bahkan menurutnya sebelum MoU, padi Tropiko sudah ditanam di Sukamandi di lahan demplot seluas 0,5 ha. Padi varietas baru dari Batan ini sudah siap panen.

Kepala Batan, Djarot Sulistiyo Wisnu mengatakan, MoU ini harus ditindaklajuti, karena sebuah terobosan baru bagi Batan. Varietas padi Tropiko, menurut Djarot bisa menjadi padi unggulan yang diminati petani karena ketahanannya terhadap hama WBC dan penggerek batang dan arahnya untuk menghasilkan beras

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments