Perkembangan Teknologi Berdampak Besar Pada Kondisi Sosial Bangsa

Perkembangan Teknologi Berdampak Besar Pada Kondisi Sosial Bangsa

img
seminar nasional

Kemajuan Kondisi nasional di negara Indonesia kian berkembang pesat seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bahkan, perkembangan TIK telah melahirkan masyarakat informasi berbasis produksi, konsumsi dan distribusi informasi sebagai bagian yang melekat dalam seluruh aktivitas sosial-ekonomi. 

Pembantu Rektor 1 Universitas Terbuka, Mohamad Yunus mewakili Rektor UT mengatakan jika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara tidak disadari telah membuka kotak pandora. Di mana telah muncul bentuk-bentuk kehidupan baru yang bersifat artifisial atau maya.

Munculnya bentuk-bentuk kehidupan baru tersebut, lanjut Yunus akan memunculkan berbagai isu baru yang harus menjadi fokus bagi dunia akademik. 

"Hadirnya masyarakat informasi yang ditopang oleh perkembangan teknologi dan informasi telah menciptakan tantangan bagi dunia akademik untuk mengkaji dan mencari solusi," ujar Yunus dalam seminar nasional yang digelar Faklutas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) universitas Terbuka  dengan tema 'Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi yang Beretika dan Demokratis, Kamis (16/11).

Meskipun masyarakat mampu menciptakan model kehidupan yang bersifat artifisial, kata Yunus, hal ini dapat memunculkan perilaku cybercrime, cyberviolence, cyberporn, dan cyberanarchy dan sebagainya.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments