Menkominfo Ajak UMKM Beralih Ke Pemasaran Digital

Menkominfo Ajak UMKM Beralih Ke Pemasaran Digital

img
UMKM

Di tengah perkembangan teknologi digital yang semakin pesat terutama dalam sektor ekonomi di Indonesia, memberikan potensi besar bagi pasar e-commerce sehingga daya saing pun akan semakin meningkat.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi mengajak masyarakat para pelaku bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal untuk beralih ke pasar digital dalam mengembangkan usahanya. “Inilah saatnya bagi kita siapkan produk-produk unggulan kita, untuk dijual secara online” kata Samuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, saat menghadiri diskusi publik tentang e-Commerce ecosystem outlook 2018, di Jakarta.

Samuel menyebutkan, saat ini, dengan bisnis  online, UKM dapat meningkatkan kesempatan untuk mempromosikan dan membuka pasar semakin lebar. Pemerintah menurutnya selalu berkolaborasi dengan para pihak di bidang ekonomi digital dalam mensejahterakan pelaku UMKM lokal. Hal tersebut, lanjut Samuel, semata-mata dilakukan guna memperkuat UMKM spesifik lokal mampu bersaing di pasarnya masing-masing.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mira Tayyiba juga menuturkan, e-commerce akan menjadi salah satu pilihan strategis para pelaku bisnis, sehingga daya saing pun akan meningkat. Untuk itu, menurut Mira, UMKM lokal juga harus memperkuat hulu sebelum masuk ke e-commerce sebagai hilir usahanya. Hal tersebut dikatakan Mira, mengingat dalam sektor e-commerce masih banyak bisnis berbasis asing.

Kedepannya menurut Mira tantangan yang dihadapi yakni daya saing lokal dengan asing. Maka UMKM juga harus kita perkuat hulu agar mampu bersaing. Mira juga menghimbau kepada semua pihak termasuk pemerintah yang mendorong UMKM lokal bermigrasi ke digital, untuk memperkuat hulu UMKM.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments