Pemkot Kupang Jalin Kerja Sama Standardisasi dengan BSN

Pemkot Kupang Jalin Kerja Sama Standardisasi dengan BSN

img
Pemkot Kupang Jalin Kerja Sama Standardisasi dengan BSN

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menandatangani kerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang untuk pengembangan dan pembinaan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan produk unggulan daerah.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya menjelaskan,  standardisasi yang dilakukan mengacu pada Standar ISO 18091 tentang Pedoman Sistem Manajemen Mutu untuk Penerapan ISO 9001 di pemerintahan daerah. "Kerja sama ini bagaimana pemerintah daerah menerapkan konsep sustainable development dan memperbaiki pelayanan publik, " ujarnya,  Senin (26/03).

Dia menjelaskan,  fokus utama nota kesepahaman ini adalah membangun pertukaran dan pemanfaatan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian,  pengembangan Standar Nasional Indonesia untuk produk unggulan daerah, pendidikan,  dan pelatihan. 

Adapun langkah awal implementasi nota kesepahaman tersebut,  pihaknya juga menyepakati kerja sama antara Pusat Sistem Penerapan Standar BSN dengan empat perangkat daerah yaitu Pemkot Kupang,  Sekretariat Daerah Kupang,  RSUD S. K Lerik Kupang,  Badan Keuangan Daerah Kupang serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kupang. Bambang menambahkan, selanjutnya sistem standardisasi juga dapat dikembangkan di bidang pariwisata Kupang, yaitu pelaku industri hotel dan restoran. Namun saat ini diperlukan adanya pemetaan yang jelas dari Pemkot Kupang. 

Sementara itu Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengakui tata kelola pemerintah kota Kupang masih belum cukup baik untuk melayani warga.  Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif melakukan standardisasi dengan harapan dapat memperbaiki sistem pemerintahan dan memajukan Kupang dalam tiga tahun mendatang. "Dengan langkah kerjasama ini, saya yakin Kupang akan berubah dalam dua-tiga tahun kedepan yang selama ini masih lambat dan kota Kupang  akan menjadi contoh   pemerintahan kota berstandar yang baik" jelasnya.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments