Smart Drop Box untuk Kelola Sampah Botol Plastik

Smart Drop Box untuk Kelola Sampah Botol Plastik

img
Smart Drop Box

Produsen air minum dalam kemasan, Danone- Aqua bekolaborasi dengan Alfamart, Telkomsel dan Smash membangun model pengelolaan sampah botol plastik yang terintegrasi dengan melibatkan peran aktif konsumen dalam proses awal daur ulang melalui Smart Drop Box

Diluncurkan di Car Free Day, Minggu (13/5/2018) Smart Drop Box (SDB) merupakan tempat sampah pintar yang dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik dan terhubung dengan mySmash, yaitu aplikasi yang membantu untuk mencatatkan sampah botol yang dikumpulkan dan mendapatkan imbalan poin yang dapat digunakan sebagai pembayaran online. “Konsumen membuang sampah botol plastik ke SDB, maka akan diberikan imbalan dalam bentuk poin T-cash (produk e-money Telkomsel, “ kata Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto ditemui dilokasi.

Ia mengatakan, untuk tahap awal Aqua sebagai sponsor resmi Asian Games akan menyebar 30 SDB disekitar Venue pertandingan di Jakarta selama perhelatan besar tersebut berlangsung. “Adapun target Kami 80 SDB akan ditempatkan di gerai Alfamart wilayah Jakarta dan Tangerang sepanjang tahun 2018,” sebutnya.

Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Ivan Hermawan menyambut positif kerja sama yang diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas, khususnya di sekitar toko Alfamart. “Kami berharap masyarakat bisa lebih aware dengan kebersihan lingkungan, terutama yang bersumber dari sampah plastic, sehingga nantinya bisa mengurangi permasalahan limbah plastic tanah air,” harapannya.

Sementara itu, Adi Kristianto, Vice President Corporate Planning Telkomsel mengatakan Smart Drop Box ini menunjukkan teknologi khususnya IoT bermanfaat dalam mendukung keberlangsugan lingkungan hidup serta meningkatkan kualitas dan produktivitas hidup. “Implementasi inovasi IoT dalam smart drop box merupakan bagian dari upaya Telkomsel mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia, seiring pesatnya perkembangan IoT  di masa mendatang,” tandasnya.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments