15 Fakta Menarik Market Muslim Zaman Now, No.11 Bisa Bikin Baper

15 Fakta Menarik Market Muslim Zaman Now, No.11 Bisa Bikin Baper

img
Fakta Menarik Muslim Zaman Now

Yuswohadhy dan tim Inventure kembali merilis hasil riset terbarunya. Kali ini hasil riset tersebut mengenai hot nya  pasar muslim dan perilaku muslim milenial.

#1. Halal of Things: The Hot Label

Halal of everything. Apapun produk dan layanannya, semua harus pakai label halal. Ini menjadi semacam “magic word” yang bisa “menghipnotis” konsumen muslim zaman now. Pemilik merek pun berlomba-lomba menggunakan label halal

#2. Riding the Conversations: High Risk, High Return and High Loss

Pemilik brand non-makanan/minuman berlomba-lomba mengomunikasikan logo halal yang telah dikantonginya. Mereka mencuri perhatian muslim zaman now. Tetapi, tantangannya, ini bisa menguntungkan atau merugikan.

#3. Hijrah: The New Way of Life

Hijrah menjadi pilihan baru hidup muslim zaman now. Bagi mereka, hijrah bukan lagi sekadar kesadaran menggunakan kerudung. Mereka rela meninggalkan pekerjaan demi keyakinan. Yang bekerja di bank, mereka rela meninggalkan pekerjaan yang sudah mapan untuk hijrah ke jalan hidup yang sesuai syariah.

#4. The Rise of Riba Awareness

Seiring naiknya kesadaran riba di kalangan muslim zaman now, pemilik merek pun harus siap-siap untuk sharia-friendly. Go-Pay yang sempat dianggap riba, kini mulai ancangancang meluncurkan produk Go-Pay syariah.

#5. Umat-nomic: The New Movements

Umat-nomic muncul sebagai kekuatan baru untuk menjawab anxiety & desire muslim zaman now. Mereka muncul dengan konsep syariah. Muslim zaman now pun menyukai geliat pergerakan ini karena mengukuti kaidah syariah, modern, dan profesionalitas.

#5. Kesadaran Ekonomi Umat

Gerakan ekonomi umat hadir untuk menandingi kekuatan ekonomi “Barat” atau kapitalisme. Bank Wakaf mikro dirancang untuk membantu kelompok segmen bawah-menengah dengan akad yang menguntungkan nasabah.

#5. Capitalism Antithesis

Kapitalisme adalah momok. Muslim zaman now pun menciptakan gerakan ekonomi umat alternatif. 212 Mart adalah fenomena untuk menandingi sistem ekonomi kapitalis dengan sistem baru: amanah, jamaah, dan izzah.

#6. Soleh-Smart-Kids: The New Paradigm of Parenting

Muncul tren bahwa mamah muda muslim zaman now lebih menyukai anak-anaknya mendapatkan pendidikan di sekolah Islam. Kini, SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) jadi favorit mamah-mamah muda karena menerapkan pembelajaran 2 in 1: sains dan karakter Islam. Soleh-Smart-Kids adalah anak idaman Muslim Zaman Now.

#7. Lei-Sharia: Muslim-Friendly Leisure Muslim zaman now menyukai destinasi wisata yang bersahabat bagi mereka. Ini disebut Lei-Sharia. Karena itu, muncul berbagai aplikasi yang memandu muslim zaman now dalam kegiatan halal trip: destinasi, tempat makan, penginapan, fasilitas ibadah, dan panduan doa.

#7. Mipster: The New Role Model

Fenomena muslim zaman now telah menghadirkan sosok role model baru, yang muda, pintar, gaul, soleh/solehah dan terkenal. Sosok seperti ini secara global disebut sebagai “Mipster” atau Muslim Hipster yaitu kombinasi dari muslim dan hipster, dimana mereka adalah sosok yang memiliki mindset global, toleran, inklusif dan digital-savvy, pun relijius. Seimbang antara “faith” dan “fun”.

Tak ketinggalan di Indonesia, sosok seperti ini begitu diidolakan oleh muslim zaman now. Sebut saja Muzammil Hasballah, sosok muda lulusan ITB yang suaranya sangat merdu melafalkan ayat-ayat Quran, dengan penampilan yang sangat stylish. Di kalangan muslimah, juga sangat populer sosok-sosok hijabers yang menjadi seleb di social media seperti @dwihandaanda, @megaiskanti, @bellattamimi atau hijabers dari Korea yang viral, @xolovelyayana. Mereka adalah role model baru, Mipster!

#8. Sportyjab: The New Hype

Gaya hidup sehat kini semakin menjadi pilihan bagi muslim zaman now. Berolahraga sambil narsis seolah sudah menjadi kewajiban. Bagi muslimah zaman now, menjalankan syariat islam seperti memakai hijab tak serta merta membatasi aktivitas berolahraga. Mereka tetap ikut lari, ngegym, zumba atau berenang dengan hijab yang sporty, sehat dapat, syar’ie pun dapat.

Melihat tren tersebut, Nike sampai mengembangkan produk khusus hijab yang dilabeli Nike Pro Hijab. Produk tersebut diperuntukkan hijabers yang aktif berolahraga tapi tetap ingin stylish dengan hijabnya. Tak hanya Nike, produk local seperti Specs juga mengeluarkan lini produk yang sama. Brand local lainnya seperti Sporte, juga mengembangkan produk pakaian renang khusus muslimah. Sportyjab? The new hype!!

#9. Muslizen: the New Digital Lifestyle

Perkembangan teknologi dan dunia digital telah turut mengubah perilaku dan gaya hidup muslim zaman now. Sebagai segmen yang digital savvy, muslim zaman now tidak mudah lepas dari bagian gaya hidup digital, khususnya media sosial. Mereka mencari informasi, mendapatkan kabar, berbagi pengetahuan, dan pamer apa yang mereka miliki melalui media sosial.

Aktivitas kehidupan sehari-hari pun juga mulai beralih di digital. Mulai dari mencari informasi melalui media-media digital, belanja melalui e-commerce, aktivitas finansial dengan fintech, traveling hingga ta’aruf secara online. Hal ini membuat munculnya banyak start-up digital yang spesifik membidik muslim milenial seperti Halaltrip, Muslimarket, Hij-Up, IndVes, Kitabisa, Minder dan sebagainya.

#10. Ngaji-gital: The Rise of Ustadz Socmed

Dakwah sebagai salah satu misi Islam berkembang dengan cepat melalui media konvensional sampai dengan digital. Dakwah yang selama ini dilakukan dengan metode pendekatan ceramah dan tabligh atau komunikasi satu arah (one way), menjadi tidak cool lagi di mata muslim milenial.

Bagi mereka, dakwah yang keren adalah melalui WA group, ustadz yang gaul ceramah melalui Snapchat atau Facebook Live. Mereka menginginkan experience yang lebih dari sekedar nonton Mamah Dedeh di TV. Digital memungkinkan dakwah menjadi komunikasi dua arah. Fenomena ini membuat ustadz gaul yang berdakwah digital di socmed menjadi naik daun, sebut saja Ustadz Abdul Somad, Adi Hidayat, Salim A. Fillah dan lain sebagainya.

#11. Muz-match: The New Way of Ta’aruf

Mencari jodoh memang susah-susah gampang. Diperlukan kesabaran dan sikap pantang menyerah karena jodoh memang sudah diatur oleh Allah SWT dan tidak ada seorang pun yang mengetahuinya. Jalan yang dianjurkan agama islam dalam mencari pasangan yaitu melalui proses ta’aruf bukan pacaran.

Di era digital, konsep ta’aruf pun berkembang dari offline ke online. Kini bermunculan apps-apps yang menawarkan dating untuk muslim, secara islami tentunya. Misalnya Minder yang mengadaptasi konsep Tinder, Muzmatch, Crescent, dan Salaam Swipe.

#12. I-living: Integrated Muslim-Friendly Living

Dalam hal mencari tempat tinggal, muslim zaman now mendambakan sebuah konsep hunian islami yang terintegrasi. Lingkungan tempat tinggal harus memberikan kenyamanan dan keamanan, dan tentunya memberikan ketentraman dan kedamaian dalam menjalankan syariat islam.

Tak hanya membeli property secara syar’I dengan menghindari pola riba, tapi juga lingkungan sekitarnya terintegrasi dengan atmosfer islami seperti sekolah, masjid, perbelanjaan, hingga tempat leisure serta aktivitas-event islami. Misalnya Damai Living di Yogyakarta yang sedang mengembangkan “Superblock Islami”, sebuah konsep hunian terintegrasi dengan fasilitas lengkap seperti masjid, sekolah, pesantren, perpustakaan, museum hingga business center.

#13. The New Muslimpreneur: New Cool

Menjadi pengusaha atau entrepreneur kini semakin menjadi pilihan bagi generasi kekinian, termasuk muslim zaman now. Mulai banyak muslim zaman now yang memilih menjadi entrepreneur, terutama di sektor kreatif seperti kuliner, fashion, travel hingga digital. Bisnis yang digeluti pun tak hanya menawarkan produk islami, tapi juga dikelola dengan cara yang islami.

Ria Ricis misalnya, adalah sosok muslimpreneur muda kreatif yang menjadi jutawan melalui bisnis digital (youtuber) serta punya beberapa produk kue kekinian. Jannah Corp yang diinisiasi oleh Irwansyah dan Zaskia Sungkar cukup sukses mengembangkan bisnis kue kekinian dan kini berekspansi ke bisnis travel. Menjadi muslimpreneur adalah the new cool!

#14. Be Part of Pop Culture

Muslim Zaman Now adalah konsumen yang modern dan memiliki mindset global. Mereka tumbuh dengan budaya pop sebagai identitas mereka, walaupun Islam dan budaya pop yang identik dengan Barat, sering digambarkan saling bertentangan. Namun, fenomena muslim zaman now membalikkan anggapan itu. Islam dan budaya pop bisa berjalan beriringan.

Apa artinya?

Untuk memenangkan segmen ini, brand anda harus menjadi bagian dari budaya pop tersebut. Brand anda harus menjadi brand yang cool bagi meraka. Sampaikanlah core message brand anda dengan cara yang dianggap kekinian oleh mereka. Contohnya Yuna Zarai adalah seorang penyanyi berhijab yang mampu menembus pasar musik global, berkolaborasi dengan musisi-musisi papan atas di Amerika. Hijab tak membatasi dirinya untuk berkarya, malah menjadi unique selling point yang menjadi pembeda dengan penyanyi lainnya.

#15. Beyond Halal Logo & Go To Halal Value Chain

Bagaimana cara brandmengomunikasikan kehalalan kepada muslim zaman now? Hingga hari ini, banyak brand yang masih mengomunikasikan kehalalan produknya melalui logo sertifikasi dari MUI. Tentu saja, hal ini tidak salah, tetapi kami menilai kurang efektif. Jika banyak brand menggunakan cara yang sama, maka hal ini akan menciptakan red ocean dalam komunikasi pemasaran halal.

Oleh karena itu, sudah seharusnya brand harus kian sadar untuk dapat mengomunikasikan kehalalannya dengan cara malampaui logo itu sendiri secara lebih inovatif. Umpamanya, brand dapat melakukan komunikasi pemasaran melalui menunjukkan proses bisnisnya secara transparan atau penerapan nilai-nilai bisnis yang islami. Seperti yang dilakukan oleh Lulu Hypermarket atau TipTop Swalayan, tanpa menonjolkan logo halal atau symbol-symbol islam, mereka bisa mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan yang sangat islami dengan lebih komprehensif.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments