Tahun Depan Pemerintah Salurkan LPG 3 kg Dengan Barcode

Tahun Depan Pemerintah Salurkan LPG 3 kg Dengan Barcode

img
LPG 3 kg

Pemerintah akan menggunakan teknologi kode batang (barcode) untuk mendistribusikan LPG 3 kilogram (kg). Ini adalah salah satu opsi agar subisidi energi di tahun depan lebih tepat sasaran. 

Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, opsi distribusi secara tertutup dengan barcode ini adalah agar masyarakat yang berhak mendapat subsidi tersebut adalah golongan miskin. “Jadi, untuk golongan yang berhak saja,” ujar Djoko di Jakrta, Selasa (3/7). 

Opsi lainnya untuk menyalurkan LPG 3 kg adalah dengan subsidi langsung kepada masyarakat tertentu saja. Dengan demikian, pemerintah daerah (Pemda) juga akan dilibatkan untuk pengawasan distribusi LPG 3 kg subsidi tersebut. “Digabung dengan sistem kartu yang dipakai untuk subsidi komoditi lain,” katanya.

Wakil Ketua Banggar DPR Said Abdullah mengatakan, pihaknya masih akan membahas lagi usulan tersebut dengan komisi VII DPR. “Saya ingat betul, ketika pembahasan APBN 2018, Dirjen ESDM komitmen untuk LPG 3 kg dijual tertutup, tapi ini mendapat janji yang sama, karena perintah UU, tapi semakin lama semakin bengkak subsidinya. Sudah tiga tahun menghadapi hal yang sama, mudah-mudahan ini janji terakhir,” ujar dia.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments