Federal Oil Menjadi Bagian ExxonMobil

Federal Oil Menjadi Bagian ExxonMobil

img
ExxonMobil

PT. Federal Karyatama (FKT), produsen pelumas terkemuka dengan Merek Federal Oil dan Federal Mobil, hari ini resmi menjadi bagian dari Esso Petroleum Company, Limited dan Exxon Mobil UK Limited (“Exxon Mobil”).  

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Akta Jual Beli Saham oleh dan antara PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), perusahaan induk dari FKT, dan Exxon Mobil setelah memperoleh semua persetujuan yang berlaku dan relevan, termasuk di dalamnya (1) persetujuan dari BOD dan BOC MPMX, (2) persetujuan dari para pemegang saham yang diperoleh melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 6 Juni 2018, dan (3) persetujuan dan pemberitahuan kepada semua instansi yang berwenang. 

Nilai keseluruhan transaksi adalahsejumlah USD436 juta (empat ratus tiga puluh enam juta dolar AS), yang mewakili 100% perubahan kepemilikan saham, atau setara dengan 423.600 saham yang dimiliki MPMX dan anak perusahaannya di FKT. 

Peristiwa ini sekaligus mewarnai perjalanan FKT yang padatahun 2018 ini memasuki usia ke-30 tahun. Didirikan pada tahun 1988, perjalanan 30 tahun FKTtelah melalui banyak tantangan dalam percaturan industri pelumas di Indonesia. 

Federal Oil (FO)adalahmerek pelumas kendaraan roda dua yang diproduksipertama kali dan pada waktu itu merupakanpelumasresmisepeda motor Honda. Saatini, dengan pangsa pasar sekitar 20%, FO merupakan pelumas terbesar di kategori roda dua. Mengikuti geliat pertumbuhan pasar kendaraan roda empat, pelumas Federal Mobil dihadirkan pada tahun 2015 dan terus berkembang memenuhi kebutuhan pasar.

Patrick Adhiatmadja, Presiden Director PT. Federal Karyatama, menyambut antusias peristiwa ini. “Kami bersyukur dan bangga atas hal ini. Upaya kami selama ini dengan terus meningkatkan standar sebagai perusahaan lokal akhirnya menarik minat salah satu perusahaan energi terbesar di dunia, Exxon Mobil. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa di ulang tahun kami ke-30 dan sekaligus menantang kami untuk menyongsong 30 tahun berikutnya dengan lebih baiklagi. Akuisisi ini juga membuka peluang-peluang pertumbuhan lebih luas lagi bagi FKT kedepannya,” paparnya

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments