ISO 45001:2018 : Standar Terbaru Keselamatan Kerja

ISO 45001:2018 : Standar Terbaru Keselamatan Kerja

img
45001:2018

Isu keselamatan kerja menjadi penting bagi perusahaan atau organisasi, sehingga mereka perlu menerapkan standar khusus terkait Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Standar internasional terbaru terkait hal tersebut adalah ISO 45001: 2018 yang menggantikan OHSAS 18001:2007 sebagai upaya meningkatkan standar keselamatan kesehatan keamanan kerja (K3).

Trian Aidilfitri, Kepala Strategic Business Unit Sertifikasi dan Eco Framework (SBU Serco) Sucofindo, menjelaskan ISO baru ini akan menggantikan standar keselamatan kerja mulai dari 2018 hingga 2021. Perusahaan yang telah menerapkan OHSAS 18001 mesti mengganti standar kerja tersebut menjadi ISO 45001 pada tahun ini. Menurut Trian, mayoritas perusahaan yang menggunakan ISO ini berasal dari sektor manufaktur, seperti produsen bahan kimia, mesin, dan perkebunan. Beberapa di antaranya berasal dari sektor jasa konstruksi dan pertambangan.

ISO terbaru ini memiliki beberapa peningkatan dibandingkan dengan sertifikasi lama, seperti organisasi mesti mengidentifikasi dan menentukan isu internal dan eksternal yang relevan dengan tujuan dan faktor yang mempengaruhi kemampuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan dari sistem manajemen K3. Perusahaan harus mengidentifikasi konteks organisasi, yakni kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menerapkan K3, misalnya di faktor internal perusahaan lemah pada aspek keselamatan kerja.

Pada ISO 45001, manajemen puncak juga diharuskan berkomitmen, mengambil peran, bertanggung jawab penuh, berintegritas dan memiliki kepedulian dalam penerapan ISO ini. “Selain itu, [ISO 45001] kajian risikonya itu ditarik di awal, antara risiko dan peluang yang mungkin terjadi itu sudah dikaji di awal. Sistem ini dibangun dan terkait dengan standar lainnya. Jadi saat diterapkan dapat selaras dengan standar lainnya,” katanya pada acara Sosialisasi Penerapan ISO 45001, di Jakarta, Rabu (4/7).

Perusahaan yang menerapkan ISO 45001 dapat menyempurnakan dan menyesuaikan dengan standar yang lebih mudah terintegrasi dengan standar lama dan memperkuat komitmen manajemen.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments