Menteri BUMN Didemo Pekerja Pertamina

Menteri BUMN Didemo Pekerja Pertamina

img
Pertamina

Ratusan pekerja Pertamina melakukan aksi long march dari gedung Pertamina Pusat menuju Gedung Kementrian BUMN dan ESDM. Mereka memprotes penjualan aset Pertamina dan rencana peleburan Pertagas ke PGN yang dilakukan Menteri BUMN Rini Soemarno. Namun, Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang dipimpin oleh Arie Gumelarsebagai presiden, tidak menolak adanya BUMN Migas seperti yang telah direncanakan pemerintah.

Aksi Korporasi Penjualan Aset Mengacu Surat Menteri BUMN No. S-427/MBU/O6/2018 tanggal 29 Juni 2018 perihal Persetujuan Prinsip Aksi Korporasi Untuk Mempertahankan Kondisi Kesehatan Keuangan PT. Pertamina (Persero).

Arie Gumelar yang ditemui usai aksi protes mengungkapkan, penjualan aset Pertamina yang diajukan Direksi berupa share down aset hulu dan spin off bisnis Refinery tidak akan menyelesaikan root cause permasalahan keuangan Pertamina yang terjadi akibat kerugian pada salah satu bisnis utama Pertamina. Diantaranya penjualan BBM jenis Solar, Premium dan Pertalite sehingga mengakibatkan kas operasional negatif.

“Penyelesaian dengan cara menjual aset hanya akan memperbaiki kas operasional Perusahaan yang bersifat sementara karena akan segera habis kembali untuk menutupi kerugian bisnis (penjualan BBM jenis Solar, Premium dan Pertalite) yang masih terjadi dan justru akan jauh lebih merugikan Pertamina ke depan bila aset yang dijual adalah aset yang menguntungkan dan strategis,” katanya.

Lebih lanjut Arie menyebutkan Penjualan PT. Pertamina Gas (Pertagas) sebesar 51% melalui skema akuisisi oleh PGN merupakan proses yang salah dan menodai tujuan holding migas yang bertujuan meningkatkan efisiensi 2 perusahaan, optimalisasi infrastruktur dan kapasitas investasi.

Perlu digarisbawahi bahwa PGN dimiliki oleh 43% Publik, dan Pertagas dimiliki 100% Pertamina sehingga skema akuisisi menyebabkan pendapatan Pertagas yang semula menjadi milik Negara c.q Pertamina beralih ke Publik.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments