Industri Kimia dan Farmasi Diharapkan Segera Penuhi Kebijakan TKDN

Industri Kimia dan Farmasi Diharapkan Segera Penuhi Kebijakan TKDN

img
istimewa

Industri kimia dan farmasi diharapkan dapat segera memenuhi kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan melalui berbagai pendekatan. Direktur Industri Kimia Hilir Kementerian Perindustrian Taufik Bawazier berharap industri kimia dan farmasi segera dapat memenuhi aturan TKDN, hal ini untuk memperkuat penggunaan bahan baku dalam negeri. "Pendekatan standarisasi, itu kalau dilakukan bisa membuat barang yang beredar di dalam negeri itu yang benar-benar berkualitas, utilisasi harus ditingkatkan," ungkapnya, Rabu (29/2018).

Dia melanjutkan, pemerintah pusat dan daerah berperan dalam hal pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Menurutnya, kalau masih ada margin selisih pemenuhan kebutuhan, baru diperbolehkan mengimpor. "Intinya, sekarang ini yang penting adalah pemerintah harus hadir dan ciptakan pasar, sehingga impor bisa dikendalikan," jelasnya.

Taufik pun  mengapresiasi langkah yang dilakukan Kementerian Keuangan yang berencana menaikkan PPh Impor bagi 900 komoditas sebagai langkah menekan impor. "Saya melihat treatment ini short term saja. Kalau mau lihat, ini masalah struktural mendalam. Kemenkeu punya andil untuk kembalikan daya saing ini, saat ini komposisi impor bahan baku, penolong, dan konsumsi itu tidak berubah sampai Juni, tapi nilainya yang berubah," ungkapnya.
 
Dia menyimpulkan bahwa total impor yang besar berasal dari bahan baku dan penolong sekitar 75%, ini yang menurutnya harus dikaji lebih lanjut karena setiap tahun selalu terjadi seperti itu.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments