Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Terus Melemah, Ini Kata Jokowi

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Terus Melemah, Ini Kata Jokowi

img
Jokowi bersama Menprin dan Menko Perekonomian

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin melemah hingga mendekati angka Rp 15 ribu. Presiden Joko Widodo pun angkat bicara mengenai hal ini. 

"Lemahnya nilai tukar uang tidak hanya di Indonesia, ini lebih karena faktor eksternal yang berlebih baik yang berkaitan dengan kenaikan suku bunga di Amerika, perang dagang Amerika dan Cina Krisis di Turki dan Argentina. Tapi kita harus hati-hati dengan hal ini," terang Jokowi. 

Jokowi pun mengaku sudah melakukan koordinasi dengan fiskal, moneter, sektor industri dan para pelaku usaha, koordinasi yang kuat jalannya segaris semua. "Kuncinya memang ada dua investasi yang harus terus meningkat dan ekspor juga harus meningkat, sehingga bisa menyelesaikan devisit transaksi berjalan. kalau itu berjalan kita akan menyelesaikan semua. 

Jokowi mengaku selalu menyampaikan kepada kementrian, swasta dan BUMN agar tingkat komponen lokal dalam negeri (TKDN)  di perhatikan. "Pemakaian lokal konten harus diperhatikan, kalau semua pakai kita ada penghematan 2 Milliar sampai 3 Milliar," tambahnya. 

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonmian Darmin Nasution menambahkan, salah satu cara untuk menstabilkan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika diantaranya menurunkan impor minyak dan menambahkan bio diesel pada bahan bakar solar. "Program B20 itu harus segera diterapkan, pencampuran Solar dengan Bio Diesel bisa menurunkan impor terhadap minyak. Situasi ini harus dilakukan langkah-langkah, tapi realisasinya tidak secepat yang diharapkan, terangnya. 

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments