Cara Dunia Pendidikan Hadapi Era Disrupsi

Cara Dunia Pendidikan Hadapi Era Disrupsi

img
ut.ac.id

Minimnya akses  dan infrastruktur penunjang pendidikan dinilai menjadi kendala utama dalam mengimplementasikan pendidikan jarak jauh (PJJ) di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). 

Setidaknya ada dua kendala utama yang menjadi perhatian utama pemerintah yaitu akses point karena belum  meratanya akses point di berbagai daerah dan minimnya pengetahuan literasi digital terutama di daerah perbatasan dan 3T

"Akses itu sangat penting karena ketika bicara tentang PJJ masih terkait dengan akses pendidikan yang ada di perbatasan yang masih kesulitan untuk mengakses cyber atau virtual. Sehingga harus ada sinergi antara kementerian dan lembaga bagaimana supaya masyarakat Indonesia di pinggiran memiliki akses terhadap jaringan. artinya pemerintah harus hadir disana" tegas Ojat  Darojat Rektor Universitas Terbuka (UT) saat membuka Diporseni di kampus UT ,Tangerang Selatan Rabu (26/9).

Menghadapi revolusi industry 4.0 era digital  penyelenggaran  pendidikan khususnya pendidikan jarak jauh, pemerintah seharusnya bisa segera menyelesaikan masalah aksesibilitas di daerah-daerah terpencil. Terlebih jika pemerintah meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) melalui PJJ. Selain itu dia juga menekankan pentingnya literasi digital bagi semua calon mahasiswa. Karena menurut dia, masih banyak lulusan SMA yang masih memiliki kemampuan literasi digital yang rendah.

"Pada umumnya lulusan SMA  jaman now mungkin tidak ada kendala, tapi masih banyak mahasiswa yang computer internet literasinya masih rendah. Itu harus diedukasi, disiapkan lebih awal mulai dari pendidikan dasar sehingga saat lulus SLTA akan ikuti pendidikan daring mereka sudah memiliki kapasitas kemampuan kemahiran untuk PJJ," jelasnya.

Dia, menambahkan,model penyelenggaraan PJJ, distance learning dan online learning akan menjadi tren pendidikan di masa depan. Untuk itu, UT sebagai lembaga pendidikan tinggi yang pertama merealisasikan PJJ akan terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan  PJJ.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments