International Seminar The 16th Economix

International Seminar The 16th Economix

img
FEB UI

The 16th Economix merupakan tiga rangkaian acara bertajuk ekonomi skala internasional, dimana seminar termasuk pada acara pertama tersebut. Tahun ini, The 16th Economix International Seminar mengangkat tema besar “The Future of Work: A Looming Phenomenon”.

Dewasa ini, perkembangan teknologi yang pesat telah menjadi faktor utama yang mempengaruhi kuantitas dan kualitas pekerjaan di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan kemunculan tantangan baru, yaitu polarisasi dan ketimpangan lapangan pekerjaan, penurunan populasi usia penduduk usia produktif, dan perubahan pandangan masyarakat untuk memilih pekerjaan mereka. Pembahasan mengenai transformasi struktural lapangan pekerjaan pada seminar ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu Keynote Session, 1st Session, dan 2nd Session, dimana masing-masing fokus pada perspektif yang berbeda-beda.

The 16th Economix International Seminar dihadiri oleh pembicara-pembicara ternama dari berbagai latar belakang yang bersentuhan dengan topik transformasi struktural pada lapangan pekerjaan, baik akademisi, birokrat, konsultan, maupun pengusaha. Keynote Session tahun ini diisi oleh dua pembicara yang terkemuka dalam bidang ekonomi, yaitu Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T. yang kini menjabat sebagai Menteri Perindustrian Republik Indonesia dan Prof. Dr. Dahlan Iskan sebagai Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia periode 2011-2014.

Selanjutnya, 1st session yang membahas kesempatan perubahan struktur lapangan kerja menghadiri Norman V. Loayza dari World Bank, Edwin Utama dari Boston Consulting Group, Triono Soedirjo dari Pricewaterhouse-Cooper, dan I Made Dewa Tangkas dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Terakhir, 2nd session yang membahas tantangan perubahan struktur lapangan kerja mengundang Rashesh M. Shrestha dari Economic Research Institute for ASEAN, Haiyani Rumondang dari Kementerian Ketenagakerjaan, Amri Siahaan dari Medco Energi Indonesia, dan Pambudi Sunarsihanto dari Danone Aqua.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments