Pemerintah Daerah Pertama Penerap Sistem Manajemen Anti Suap

Pemerintah Daerah Pertama Penerap Sistem Manajemen Anti Suap

img
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah

Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menjalin kesepakatan untuk mendukung pembinaan dan pengembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian di lingkungan Pemkab Serang. 

Sebagai implementasi awal dari kesepakatan bersama ini, BSN dan Pemkab Serang  sepakat menjadikan inspektorat Kabupaten Serang sebagai Pilot Project penerapan SNI ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dan SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Inspektorat Kabupaten Serang merupakan instansi pemerintah daerah yang pertama kali menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan di Indonesia. Pertengahan Januari lalu, Inspektorat Kabupaten Serang pun telah menerima sertifikat dari BSN karena telah menerapkan dan menjalankan proses sertifikasi kedua standar sistem manajemen tersebut. 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan bahwa mendapatkan penghargaan (sertifikat) ini bukanlah hal utama. Namun yang terpenting adalah implementasinya. “Seluruh jajaran pemerintahan Kabupaten Serang jadi punya semangat untuk memperbaiki mutu pelayanan terhadap masyarakat. Kalau semuanya bisa dilakukan secara transparan dan terbuka diketahui oleh masyarakat tentunya persoalan suap bisa dicegah,” tutur Tatu.

Tatu mengaku sangat memberikan apresiasi terhadap kinerja Inspektorat sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Indonesia yang berhasil meraih dua ISO. Ia berharap adanya komitmen tinggi dari seluruh jajaran agar kualitas pelayanan meningkat sekaligus menumbuhkan kepercayaan dari masyarakat. 

Untuk itu, ia mendorong OPD lain di Kabupaten Serang untuk bisa menerapkan standar sistem manajemen mutu dan sistem manajemen anti penyuapan. “Saya berharap, OPD yang lain juga bisa melakukan hal sama seperti yang dilakukan inspektorat. Jika Inspektorat bisa maka OPD lain juga pasti bisa,” ujarnya.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments