MRT Harus Dikelola Dengan Manajemen yang Baik

MRT Harus Dikelola Dengan Manajemen yang Baik

img
istimewa

MRT (Mass Rapid Transit) merupakan moda transportasi yang masih baru di Indonesia. Kereta Api Cepat dengan tujuan Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia ini begitu banyak dikagumi masyarakat Jakarta. Tak jarang warga dari lar kota pun rela datang untuk menjajalnya. Setiap pagi dan sore hari, MRT selalu dijubeli oleh para pekerja yang berkantor di kawasan Sudirman-Thamrin dan sekitarnya. MRT menjadi solusi setelah Commuter Line yang selalu disesaki oleh penumpangnya di jam-jam kerja. 

MRT menjadi solusi transportasi modern masyarakat Jakarta. Kereta yang baru, stasiun yang bersih tentu didukung dengan manajemen yang baik pula, agar kelangsungan bisnis bisa berjalan dengan baik.

PT MRT Jakarta menilai bahwa Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance/GCG) merupakan salah satu unsur penting dalam pengembangan sebuah perusahaan. Hal tersebut menjadi bagian yang tak terpisahkan dari praktik bisnis demi mewujudkan kelangsungan usaha.

Kesadaran untuk mengimplementasikan sistem Tata Kelola Perusahaan yang Baik menjadi hal krusial dan fundamental guna melindungi kepentingan perusahaan dan pemegang saham. Perusahaan melalui jajaran Dewan Komisaris, Direksi, dan segenap insan Perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan prinsip-prinsip GCG dengan berlandaskan pada nilai-nilai pokok yang tertuang dalam Budaya Kerja Perusahaan.

Penerapan prinsip-prinsip GCG dalam organisasi akan menciptakan Perusahaan yang transparan dan terpercaya serta memiliki manajemen bisnis yang dapat dipertanggung jawabkan. Penerapan GCG yang baik juga akan memperkokoh kepercayaan serta meningkatkan nilai perusahaan bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

Untuk mewujudkannya, Perusahaan menerapkan GCG yang terintegrasi dengan pengelolaan kepatuhan, manajemen risiko, dan pengendalian internal. Langkah ini ditempuh agar Perusahaan memiliki pengetahuan dan kapabilitas untuk mengelola Governance, Risk and Compliance (GRC) yang sejalan dengan pengelolaan kinerja bisnis dan mampu mengantarkan organisasi mencapai kelangsungan hidup Perusahaan.

Dalam mengembangkan infrastruktur GCG dan implementasi prinsip-prinsip GCG, PT MRT Jakarta bekerja sama dan membuat Nota Kesepahaman dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Perusahaan memastikan bahwa prinsip-prinsip Tata Kelola yang tertanam dalam tubuh dan budaya perusahaan mengacu kepada Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 96 Tahun 2004 tentang penerapan praktik Good Corporate Governance.

Tujuan penerapan GCG yang baik di lingkungan Perusahaan, di antaranya mengendalikan dan mengarahkan hubungan antara pemegang saham, Dewan Komisaris,Direksi, karyawan, klien, mitra kerja, serta masyarakat dan lingkungan.Selanjutnya adalah  untuk mendorong dan mendukung perkembangan Perusahaan dan mengelola sumber daya secara lebih baik. Tujuan lainnya adalah mengelola risiko secara lebih baik, meningkatkan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan, mencegah terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan Perusahaan dan Meningkatkan citra Perusahaan menjadi lebih baik.

0 Comments

Relevant Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

0 Comments